Tito Calon Kapolri, Ini Imbauan Ibas

Edhie Baskoro Yudhoyono.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menanggapi penunjukan Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Ibas mengatakan fraksinya menghargai pilihan Presiden terkait pencalonan Tito Karnavian sebagai Kapolri. Ia mengimbau tiap pihak mengikuti mekanisme yang berlaku di parlemen.

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

"Jadi saya pikir nama yang diserahkan ke Ketua DPR ini merupakan nama yang terbaik bagi Kapolri. Kami enggak membeda-bedakan dan kami enggak menarik kepolisian masuk ke dalam bagian politik," kata Ibas ketika ditemui di Tangerang, Banten, Kamis malam 16 Juni 2016.

Anak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini meminta agar politikus tidak melibatkan politik dalam kepolisian. Karena ia yakin Kepolisian nanti akan mereformasi tubuhnya.

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Fraksi Demokrat akan ikuti prosesnya, dalam fit and proper test akan ditanyakan pertanyaan beragam agar calon Kapolri itu bisa emban amanah di kemudian hari," ujar Ibas.

Mengenai pro kontra senioritas, Ibas menjawab setiap jenjang kepolisian mengikuti proses yang berlaku. Dengan begitu kepolisian, katanya, bisa berada di jalan yang benar sesuai tugas, pokok dan fungsinya dan bisa berkoordinasi dengan institusi lain.

Tito: Proses Politik Selesai, Selanjutnya Terserah Presiden

"Tidak mungkin seorang bintang tiga enggak lalui jenjang karir yang beragam," kata Ibas.

Komjen Tito Karnavian dan Jenderal Badrodin Haiti.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Tito merupakan calon Kapolri tunggal yang sudah disahkan oleh DPR.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2016