Dishub Siapkan 8 Ribu Bus Angkut 7,5 Juta Pemudik Jawa Timur

Ilustrasi suasana mudik menggunakan bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Dinas Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jawa Timur menyiapkan 8.451 armada bus untuk melayani pemudik yang akan menggunakan jalur darat pada tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti. Ribuan bus itu diperkirakan cukup untuk mengangkut 7,5 juta orang.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Bus Angkutan Lebaran itu terdiri dari bus reguler sebanyak 1.832 unit untuk Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 3.850 unit untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Selain itu, bus penunjang yang terdiri dari bus pariwisata sebanyak 1.975 unit, bus cadangan 563 unit, dan kendaraan antar jemput sebanyak 231 bus. 

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

"Bus cadangan disediakan bagi pemudik bekerjasama dengan pihak swasta," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jatim, Sumarsono, kepada VIVA.co.id pada Jumat, 17 Juni 2016.

Jumlah bus Angkutan Lebaran itu disiapkan sesuai prediksi jumlah penumpang yang akan mudik dari Surabaya menuju kampung halaman. "Yang pertama dioperasikan bus reguler dulu. Kalau tidak cukup, baru kendaraan penunjang," jelas Sumarsono.

H+6 Lebaran, Lonjakan Arus Mudik Tak Ada Lagi

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan pada Bidang Angkutan Jalan, Tri Soerjo, yakin ribuan bus Angkutan Lebaran itu cukup untuk mengangkut sampai 2.418.240 pemudik dari Surabaya keluar Jawa Timur, serta 5.082.000 pemudik dari Surabaya menuju berbagai daerah di Jawa Timur.

Tri menjelaskan, jumlah pemudik yang menggunakan armada bus tahun ini diperkirakan turun enam persen dari lebaran tahun lalu. Beberapa penyebab diantaranya, banyak pemudik yang pulang kampung dengan menunggangi sepeda motor atau mobil pribadi. "Sekarang banyak orang punya sepeda motor dan mobil," jelasnya.

Mudik 2016.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Kita berharap kecelakaan terus menurun dari setiap tahun ke tahun.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2016