Macet di Tol Brebes Timur Sepanjang 27 Kilometer

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.
Sumber :
  • Viva.co.id/Ferry Damayanti

VIVA.co.id – Tingginya volume kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah yang melalui tol Cipali, menyebabkan kemacetan panjang di tol Brebes Timur. Kemacetan bahkan mencapai hingga 27 kilometer.

H-2 Lebaran, 600 Ribu Lebih Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

Kepadatan ini disebabkan adanya antrean kendaraan di pintu keluar tol Brexit atau Brebes Timur dan Pejagan. "Pintu tol Brebes Timur berada di KM 266, sedangkan antrean kendaraan sudah mengular hingga KM 239. Ini artinya kemacetan di ruas tersebut sudah mencapai 27 km. Untuk itu, petugas lalu lintas sudah mengalihkan kendaraan pemudik menuju jalur arteri pantura atau jalur lama," kata Mulyana, petugas Jasa Marga di Posko Lebaran Kementerian Perhubungan, Minggu, 3 Juli 2016.

Mulyana menjelaskan, akibat kepadatan dan adanya pengaturan lalu lintas, kendaraan pemudik telah dialihkan menuju jalur arteri pantura untuk mengurangi kepadatan.

Hingga H-4 Lebaran, Pemudik Kereta Api Turun 11 Persen

Sementara itu, jalur tol menuju Cipali diberlakukan sistem buka-tutup sementara sejak pukul 14.00 WIB, untuk mengurangi penumpukan kendaraan. "Kalau dilihat dari CCTV, pengalihan jalur kendaraan pemudik menuju arteri juga sudah menyebabkan kemacetan di tol Cikampek, yang terlihat di KM 70. Untuk jalur arteri sendiri saat ini masih terpantau ramai lancar," ujar Mulyana.

Bagi para pemudik yang melakukan perjalanan hari ini, diimbau untuk lebih bersabar dan berhati-hati, mengingat padatnya jumlah kendaraan.

Menhub Prediksi H-3 Puncak Arus Mudik Gelombang Kedua
Kendaraan melintas di tol Brebes Timur-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah

Arus Mudik, Pemerintah Berencana Terapkan One Way di Tol Trans Jawa

Dimulai dari ruas tol Cikampek KM 29 hingga ruas tol Brebes KM 262.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2019