Pemudik dari Tasikmalaya ke Nagreg Padati Jalur Limbangan

Kemacetan di jalur Limbangan
Sumber :
  • Diki Hidayat/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Volume kendaraan pada arus balik Lebaran ketiga kembali menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Arus kendaraan dari Tasikmalaya menuju Nagreg, Bandung via jalur Limbangan Garut terpantau padat.

Jika Macet Parah di Cikarang Utama, Tol Digratiskan

Berdasarkan pantauan di lapangan, kendaraan pribadi yang mendominasi jalur Limbangan meningkat usai salat Jumat. Kendaraan roda empat tampak lebih banyak dibanding kendaraan roda dua.

Sejumlah pengemudi tampak menepi karena kelelahan, akibat kecepatan kendaraan hanya bisa dipacu lima kilometer per jam, ditambah cuaca panas. Melihat kondisi di jalur tersebut, warga setempat memberi bantuan.

Macet Parah, Contraflow Cikampek Diperpanjang Hingga KM 61

"Kami warga setempat memberikan pertolongan dengan menyediakan air untuk minum serta mempersilakan para sopir yang kelelahan untuk beristirahat," ujar Dadang, warga Limbangan, Jumat, 8 Juli 2016.

Sementara untuk mengatasi kemacetan di jalur Limbangan, warga secara swadaya mencoba mengalihkan kendaraan melalui jalur alternatif Sasak Beusi menuju Cibatu-Leuwigoong dan masuk jalur Leles yang mengarah ke Kadungora. Selain itu, bisa memanfaatkan jalur alternatif Cijapati menuju Bandung.

Waspada Macet Panjang di Tol Cikarang Menuju Cikampek
Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution

Darmin Nasution Keluhkan Macet Jakarta Saat Lebaran

"Tapi hari pertama itu masih macet di mana-mana," kata Darmin.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2018