Mencoba Jabal Magnet di Gunung Dempo

Jalan dengan medan magnet raksasa
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVA.co.id – Masih dalam suasana liburan Hari Raya Idul Fitri, sebuah objek wisata di Pagar Alam, Sumatera Selatan, mengundang daya tarik masyarakat untuk membuktikan adanya medan magnet yang bisa menggerakan mobil di jalan menanjak, tanpa menggunakan bantuan tenaga mesin, atau manusia.

Ustaz Adi Hidayat Tes Buka Kerudung Sang Putri, Hingga Teknik Atasi Kemalasan

Para wisatawan yang ingin melihat fenomena tersebut, secara bergiliran, memarkirkan mobil mereka pada awal tanjakan di jalan dua jalur itu. Mesin mobil harus dibiarkan tetap menyala, dengan posisi gigi persneling dan rem dalam kondisi netral. Tak lama kemudian, para wisatawan dibuat takjub, karena secara perlahan mobil bergerak, berjalan sendiri menaiki tanjakan sekitar 20 meter, tanpa bantuan.

Lokasi medan magnet ini berada di jalan menuju kawasan objek wisata Gunung Dempo. Masyarakat sekitar pun menyebutnya dengan Jabal, atau Gunung Magnet, mengikuti fenomena serupa di Arab Saudi. 

FOTO: Misteri di Balik Keindahan Jabal Magnet

Seorang wisatawan bernama Sudan, yang telah mencoba medan magnet ini mengatakan, awalnya mencoba fenomena itu karena penasaran, setelah melihat banyak pemilik kendaraan keluar dari mobilnya dan berhenti sebelum tanjakan itu.

Setelah melihat apa yang bisa dilakukan magnet itu pada beberapa mobil, dia pun terdorong membuktikan sendiri pada kendaraannya. Setelah mencoba, rasa penasaran berganti dengan ketakjuban.

Status Gunung Dempo Naik, Warga Sekitar Diminta Waspada

"Rasa penasaran hilang, saat merasakan sendiri fenomena alam ini," ujarnya di kawasan Gunung Dempo, Sabtu 9 Juli 2016.

Mengingat lokasi itu menjadi bagian dari jalur utama menuju kawasan wisata kebun teh dan kawasan Puncak Dempo, Kepolisian terlihat ikut menjaga lokasi untuk mengurai kemacetan, maupun mengantisipasi keamanan.

Kabag Pps Polres Pagar Alam, AKP Indarmawan mengatakan, Polres Pagar Alam mengerahkan sejumlah anggota untuk berpatroli di sekitar lokasi medan magnet, agar lalu lintas tidak terganggu. 

"Agar memberikan keamanan dan kenyamaan bagi wisatawan yang ingin mencoba
medan magnet ini," ucapnya di lokasi.

Di sela-sela menjaga keamanan, saat lalu lintas tidak terlalu padat, ternyata anggota Polres Pagar Alam pun penasaran melihat beragam kendaraan bisa berjalan sendiri. Memuaskan rasa keingintahuan, mereka turut mencoba fenomena unik ini menggunakan kendaraan patroli polisi.

Laporan: Irwansyah Zulfikri/ Pagar Alam – Sumatera Selatan (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya