Ratusan Penumpang Terlantar di Terminal Bayangan Cileunyi

Suasana terminal di Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Memasuki akhir masa libur Lebaran, penumpukan penumpang terjadi di sejumlah terminal di kawasan Bandung, Jawa Barat. Termasuk salah satunya, di terminal bayangan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu siang, 10 Juli 2016.

Kemenhub Prediksi 23 Juni Puncak Arus Balik Angkutan Umum

Ratusan penumpang bahkan terlantar karena kesulitan mendapat bus menuju arah Jakarta, Bekasi dan sekitarnya. Ratusan pemudik yang hendak kembali ke daerah asal di sejumlah wilayah di Jakarta ini, menumpuk sejak Minggu pagi.

Bahkan, pemudik rela menunggu bus di sisi badan jalan karena saat memasuki terminal, bus menjadi rebutan para penumpang.

Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

Salah satu pemudik asal Sumedang, Rusdi, bahkan sengaja menunggu di terminal bayangan Cileunyi karena kesulitan mendapatkan bus di Terminal Sumedang. Namun sayang, hal yang sama, juga dialami saat berada di terminal bayangan.

"Saya tadi susah dapat bus di Sumedang, akhirnya saya ke terminal bayangan," katanya.

Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diperkirakan Malam Ini

Penumpukan penumpang terjadi akibat puncak arus balik yang diprediksi sebelumnya bakal terjadi hari ini. Sebab, pada Senin 11 Juli 2016, aktivitas perkantoran akan kembali normal.

Terminal Leuwi Panjang

Memasuki puncak arus balik Lebaran, kepadatan jumlah penumpang juga terlihat di Terminal Leuwi Panjang. Jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi yang memasuki terminal Leuwi Panjang, Bandung, ini bahkan mengalami kenaikan signifikan hingga 40 persen.

Para penumpang arus balik ini didominasi pemudik yang pulang dari daerah barat seperti Jakarta, Tangerang, Bogor dan Banten. Diprediksi, puncak arus balik di terminal Leuwi Panjang bakal terjadi hari ini.

Dibanding hari sebelumnya, jumlah penumpang di terminal ini lebih banyak. Bahkan menurut catatan Dinas Perhubungan Kota Bandung yang memantau arus balik, para penumpang yang tiba di terminal Leuwi Panjang hingga siang ini mencapai 21.400 penumpang. Data ini mengalami kenaikan 40 persen dibandingkan pada H+2. Pada Lebaran tahun lalu, jumlah penumpang juga mengalami kenaikan.

Kepala Terminal Leuwi Panjang, Edi Kalbari, menyatakan, antusias penumpang bus di terminal ini meningkat seiring dengan pelayanan yang lebih baik. Sehingga, pada arus balik Lebaran ini, jumlah penumpang pun makin meningkat. Dan diprediksi, jumlah penumpang di Terminal Leuwi Panjang mencapai 25 ribu.

"Walau jumlah penumpang terus meningkat, tapi jumlah armada yang beroperasi  di sini tidak ditambah. Sementara puncak arus balik Lebaran yang melalui terminal ini sendiri akan terjadi Minggu malam," katanya.

Laporan: Jhon Hendra / Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya