Baru 34 Persen Pemudik Asal Sumatera Kembali ke Jawa

Antrian penumpang di pelabuhan Bakauheni, Lampung, 9 Juli 2016.
Sumber :
  • Viva.co.id/Chandra Gian Asmara

VIVA.co.id – Memasuki H+4 Lebaran, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung mulai ramai dipadati para pemudik Minggu 10 Juli 2016. Para pemudik yang akan melakukan penyeberangan pada umumnya adalah mereka yang kampung halamannya tak jauh dari pelabuhan Bakauheni Lampung.

Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

Ratusan pemudik berbondong-bondong membeli tiket kapal Roro untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten. Pada umumnya pemudik yang melakukan perjalanan arus balik hari ini adalah pemudik yang sudah mulai masuk bekerja pada Senin 11 Juli 2016 besok. Sementara para pemudik lainnya diprediksi masih dalam perjalanan menuju pelabuhan pintu gerbang Pulau Sumatera ini.

Keramaian pemudik didominasi oleh para pejalan kaki, dan keramaian terlihat di sejumlah lokasi, mulai dari depan loket pembelian tiket hingga di sepanjang jalur Gang Way menuju pintu masuk kapal Roro. Pihak ASDP Bakauheni memprediksi hari Minggu ini merupakan puncak arus balik Lebaran 2016.

Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diperkirakan Malam Ini

Devi, pemudik asal Kalianda Lampung Selatan yang akan kembali ke Cikarang ini mengaku, dia memilih kembali hari ini di karenakan Senin besok sudah kembali masuk kerja. "Senin ini sudah masuk kerja, jadi saya berangkat kembali  ke Cikarang hari ini," ujarnya saat akan membeli karcis kapal.

Sementara, menurut data pihak ASDP Bakauheni Lampung, hingga Minggu 10 Juli 2016 sampai pukul 09.00 WIB, baru 34 persen pemudik dengan jumlah 492.573 orang yang baru kembali ke Pulau Jawa. Sementara sisanya diprediksi akan meningkat signifikan hari ini. Pada H+3 kemarin tercatat 121.078 orang pemudik yang diseberangkan melalui Pelabuhan Bakauheni.

Puncak Arus Balik di Selat Sunda Diprediksi Rabu Malam

Untuk kendaraan roda dua baru 28 persen atau jumlahnya sebanyak 53.657 unit, dan kendaraan roda empat sebanyak 37 persen dengan angka 57.568 unit mobil pribadi yang kembali pulang ke Pulau Jawa.

Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen

Kemenhub Prediksi 23 Juni Puncak Arus Balik Angkutan Umum

Pemudik masih menunggu hingga akhir libur anak sekolah selesai.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2018