Ribuan Kendaraan Antre di Dermaga Pelabuhan Bakauheni

Dermaga Pelabuhan Bakauheni .
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian (Bandar Lampung)

VIVA.co.id – Ribuan kendaraan pemudik baik roda dua maupun roda empat memadati antrean di tolgate sepanjang 500 Meter. Membludaknya pemudik bermotor pada arus balik ini dikarenakan masa libur perkantoran sudah berakhir. Sekitar 30.000 kendaraan roda empat dan dua akan menyeberang ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung, Minggu 10 Juli 2016. 

Curhat Sopir Ambulans, Rapid Test Bayar Ratusan Ribu Saat Bawa Jenazah

Pihak ASDP memprediksi puncak arus balik terjadi pada hari ini, mulai dari siang sampai malam hari, karena Senin besok sudah mulai beraktivitas kerja. Sampai malam ini pantauan VIVA.co.id kendaraan di jalan lintas Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni masih padat merayap, sehingga membuat jarak tempuh Kalianda menuju Bakauheni yang biasanya 1,5 jam kini bisa memakan waktu sampai tiga jam untuk memasuki Pelabuhan Bakauheni.

Saat ini sebanyak 20.673 kendaraan roda empat dan 27.101 ribu sepeda motor sudah kembali ke pulau Jawa. Sedangkan sisanya sekitar seratus ribuan kendaraan lainnya akan kembali hingga pekan depan usai akhir liburan sekolah. Untuk mengurai antrean kendaraan ini, pihak ASDP telah mengoperasikan delapan loket tiket kendaraan roda empat dan enam loket kendaraan roda dua.

VIDEO: Truk Tabrak Puluhan Motor di Bakauheni, Dua Orang Tewas

Dirut ASDP Indonesia Danang S Baskoro mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, pihak ASDP mengoperasikan 29 kapal berkapasitas besar sehingga bisa menampung ribuan penumpang dan kendaraan. Sementara jadwal waktu tempuh juga akan dipercepat, maksimal dua jam dari biasanya yang bisa memakan waktu tiga sampai empat jam untuk pelayaran di selat Sunda.

"Kita mengoperasikan 29 kapal besar, agar ribuan penumpang dan kendaraan bisa terangkut. Dan jadwal waktu tempuh dipercepat dari biasanya, yang bisa memakan waktu 3-4 jam kini hanya 2 jam," ujar Danang.
 
 

Senin Dini Hari, Antrean di Pelabuhan Bakauheni Mencapai 1 Kilometer
Pelabuhan Merak

35.454 Orang Menyeberang dari Jakarta ke Sumatera, Libur HUT RI ke-75

Angka ini meningkat 30-40 persen dari hari biasa

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2020