Rekayasa Lalin Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni.
Sumber :
  • Yandi Deslatama/ VIVA.co.id

VIVA – Rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan di Lampung, jika terjadi kemacetan 1 kilometer hingga keluar Pelabuhan Bakauheni pada masa arus balik mudik Lebaran 2019.

Curhat Sopir Ambulans, Rapid Test Bayar Ratusan Ribu Saat Bawa Jenazah

"Maka kendaraan dari tol Lampung-Bakauheni, akan dikeluarkan di simpang Hatta dan Kalianda," kata Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setyadi, saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, dikutip Selasa 4 Juni 2019.

Kemudian, jika antrean mencapai 4 kilometer di luar Pelabuhan Bakauheni, maka kendaraan dari tol akan dikeluarkan di eksit tol Sidomulyo. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan, menuju Pelabuhan Bakauheni.

VIDEO: Truk Tabrak Puluhan Motor di Bakauheni, Dua Orang Tewas

"Intinya kita memperlambat gerakan para pemudik untuk tidak menggunakan jalan tol, namun keluar melalui jalan arteri. Supaya penumpukan di Bakauheni itu cair dulu, baru (kendaraan di luar) masuk (Pelabuhan Bakauheni)," terangnya.

Buka tutup di jalur tol Lampung pun diberlakukan. Dengan jadwal dibuka pukul 06.00 wib dan ditutup pukul 04.00 wib. Sistem tersebut akan dilakukan pihak kepolisian.

Senin Dini Hari, Antrean di Pelabuhan Bakauheni Mencapai 1 Kilometer

"Untuk memperlambat kendaraan di Bakauheni, akan dilakukan pemberlakuan waktu dengan cara entry tol di Terbanggi Besar-Simpang pematang, akan dilakukan dengan skema buka tutup dengan menyesuaikan waktu." (mus) 
 

Pelabuhan Merak

35.454 Orang Menyeberang dari Jakarta ke Sumatera, Libur HUT RI ke-75

Angka ini meningkat 30-40 persen dari hari biasa

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2020