Aparat Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Kerupuk di Lapas

Barang bukti sabu-sabu yang berhasil disita polisi. (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Muncul modus menyelundupkan narkoba dengan memasukkan ke bola kasti kemudian dilempar ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika kelas IIA Yogyakarta, Pakem, Sleman, beberapa waktu lalu. Kini aksi penyelundupan narkoba dengan memasukkan ke kue semprong dan kerupuk kulit kembali digagalkan petugas sipir.

Racik Ekstasi di Rumah Sakit, Napi AU Bisa Produksi 100 Butir Sehari

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Pramono, mengatakan penggagalan penyelundupan sabu-sabu dengan kue semprong dan kerupuk kulit terjadi pada Selasa, 12 Juli 2016, sekitar pukul 10.00 WIB. Petugas mendapati barang terlarang tersebut dari seorang wanita pembesuk salah seorang warga binaan.  

"Sabu dikirim melalui kerupuk dan kue semprong. Kerupuknya yang kerupuk kulit yang melempung dan berongga," kata Pramono saat dihubungi Rabu 13 Juli 2016.

Polda Riau Bongkar Penyelundupan Sabu 35 Kg dari Malaysia

Adapun paket sabu yang dikirimkan berjumlah 9 paket kecil.  Paket sabu tersebut dikirim melalui rongga yang ada di dalam kerupuk dan kue semprong. Meski demikian, belum diketahui kepada siapa  paket tersebut akan dikirimkan. Sebab, aksi nekat tersebut diketahui saat pemeriksaan makanan yang akan dikirimkan kepada warga binaan.  

"Di dalam kedua makanan tersebut kan ada rongganya, nah sabu dimasukkan di dalamnya. Yang mengirim ibu-ibu dan seorang anak kecil," bebernya.

Kasus Sabu dalam Penjara, Dua Pegawai Rutan Lampung Diperiksa BNN

Pramono menegaskan pemeriksaan pengiriman kepada warga binaan dilakukan empat kali sebelum pembesuk bertemu dengan warga binaan. Ke depan, pihaknya akan terus melakukan pengetatan terhadap pembesuk warga binaan.

"Makanan yang dikirim kemasannya harus dibuka, kalau kaleng ya harus dibuka," tegasnya.

Laksanakan South Sea Operation, Bea Cukai dan BNN Sita 309 Kilogram Sabu

Laksanakan South Sea Operation, Bea Cukai dan BNN Sita 309 Kilogram Sabu

Bersinergi dengan BNN, Bea Cukai melaksanakan operasi laut South Sea Operation dan menyita 309 bungkus sabu dengan perkiraan berat 309 kilogram dari kapal ikan

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2023