Kemenhub: Kecelakaan Bus Turun Saat Mudik Lebaran

Arus mudik di Brebes.
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat bahwa pada Lebaran tahun ini, angka kecelakaan bus saat arus mudik menurun dibandingkan tahun lalu. Hal ini sejalan dengan beralihnya pemudik menggunakan transportasi lain.

Anggaran Terbatas, Kemenhub Lepas Pengelolaan Bandara

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, jumlah penumpang bus pada Lebaran tahun ini mencapai 4,2 juta orang atau turun sekitar 12,5 persen dibandingkan tahun lalu, yang mencapai 4,8 juta penumpang.

"Ya, karena banyak pemudik saat ini mulai beralih ke moda transportasi lain, seperti mobil pribadi, motor, kereta api, bahkan juga pesawat terbang," kata Pudji di kantor Kemenhub, Rabu 13 Juli 2016.

Menhub Minta Taksi Konvensional Pindah ke Online

Berdasarkan data dari Korlantas Polri, sejak H-6 hingga H+4 Lebaran, angka kecelakaan sebanyak 109 bus, turun signifikan dibanding tahun lalu yang mencapai 240 unit bus.

"Jadi penurunan sangat signifikan, sebanyak 54,58 persen," ujar dia.

Kemenhub Tawarkan Tiga Rute Pelayaran Logistik ke Swasta

Hal ini karena Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan pada kendaraan atau ramp check yang dilakukan sebelum arus mudik Lebaran dimulai.

"Nah, penurunan tersebut tidak terlepas dari pemeriksaan yang dilakukan Kemenhub pada masa sebelum angkutan Lebaran dimulai. Ini salah satu upaya Kemenhub," tutur dia.

Ilustrasi kecelakaan tabrakan beruntun saat musim mudik.

Angka Kecelakaan Lebaran Turun, Kinerja Kemenhub Diapresiasi

Dibandingkan tahun lalu, angka kecelakaan hingga H-2 menurun.

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2017