Bio Farma: Vaksin RS Pemerintah dan Puskesmas Dijamin Asli

Para warga di Rumah Sakit Harapan Bunda cemas anak mereka mendapat vaksin palsu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kepala Divisi Corporate Sekretaris Bio Farma, Rahman Rustam, menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan vaksin di pelayanan kesehatan di tingkat Rumah Sakit hingga Puskesmas di daerah. Menurutnya, vaksin vaksin yang menjadi objek pemalsuan yang diusut oleh Bareskrim Mabes Polri merupakan vaksin lanjutan.

Distribusi 400 Juta Dosis Vaksin COVID-19, Bio Farma Perkokoh Ekspansi di Pasar Asing

"Untuk program imunisasi dasar, vaksin-vaksin yang disediakan Pemerintah itu tidak dipalsukan. Jadi masyarakat jangan khawatir mengimunisasi anak di pelayanan umum secara gratis," ujar Rahman di sela-sela Media Tour di Bio Farma Jalan Pasteur Kota Bandung, Jumat 15 Juli 2016.

Vaksin yang diperuntukan Imunisasi dasar secara Nasional itu di antaranya Vaksin Pentabio (DTP-HB-Hib), Vaksin Jerap DT, Vaksin Jerap Td, Vaksin Campak Kering, Vaksin Poliomyelitis Oral tipe 1 dan 3, Vaksin Hepatitis B dab Vaksin BCG.

Dirut Bio Farma Bicara Nasib Vaksin IndoVac Buatan RI setelah Pandemi COVID-19 Mereda

Menurutnya, peredaran vaksin ditujukan ke distributor resmi, yaitu PT. Indofarma Global Medika, PT, Rajawali Nusindo, PT. Merapi Utama Pharma, PT. Sagi Capri dan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia.

Oleh karenanya, vaksin-vaksin yang dipalsukan dan tersebar di rumah sakit swasta ini, diperuntukkan anak - anak dan dewasa.

Bio Farma Akan Memproduksi Sendiri Vaksin Kanker Serviks Kerja Sama dengan MSD

"Masalah adanya kekosongan, dialami oleh vaksin vaksin untuk imunisasi tambahan. Untuk program imunisasi dasar, terpenuhi semuanya oleh Pemerintah," katanya.

(ren)

Ilustrasi kesehatan.

Ini Syarat Jika Indonesia Ingin Capai Kedaulatan Kesehatan Dalam 10 Tahun ke Depan

Dalam 10 tahun ke depan, Indonesia lebih siap menghadapi berbagai penyakit, baik dari segi infrastruktur, tenaga kesehatan, hingga obat-obatan dan vaksinnya.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023