Aher: Antar Anak ke Sekolah Bermanfaat bagi Moral Siswa

Gubernur Jawa Barat Ahmar Heryawan mengantar anaknya hari pertama sekolah
Sumber :
  • VIVA.co.id / Suparman (Bandung)

VIVA.co.id – Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan peran aktif orangtua dalam mengantar anak di hari pertama sekolah memberi manfaat positif bagi dimensi moral dan keahlian siswa.

Tips Agar Anak Tak Rewel dan Takut Masuk ke Sekolah

Hal tersebut diungkapkan Aher, sapaan Ahmad Heryawan, setelah mengantarkan anak kelimanya, Shofia Heryawan, ke SMAN 3 Kota Bandung Jawa Barat.

"Ini tindakan sederhana tapi menunjukkan kedekatan, perhatian kepada anak. Anak pun akan merasa dekat dengan orangtuanya," kata Aher di SMAN 3 Bandung, Jalan Kalimantan, Kota Bandung, Senin, 18 Juli 2016.

Sebanyak 898 ASN DKI Izin Terlambat karena Antarkan Anak ke Sekolah

Dengan mengantar dan bermasyarakat bersama orangtua siswa dan guru sekolah, menurut dia, secara tidak langsung memberikan kepercayaan dan nilai-nilai positif.

Sedangkan bagi si anak, hal itu memberikan stimulus untuk berkembang menjadi generasi berkualitas daya saing. Karena, lanjut dia, dengan program ini, terdapat dua stimulus positif yang diterima siswa, yaitu dari keluarga dan sekolah.

Hari Pertama Pengenalan Sekolah, Mendikbud Minta Tak Ada Kekerasan

"Hadir anak anak yang unggul dan handal. dan mampu mengumpulkan dua sisi sifat yang memadai, pertama sifat moral dan dimensi keahlian atau profesional," ujar Aher yang datang ke sekolah bersama istrinya Netty Heryawan.

Ibu Gubernur Jawa Barat Netty Heryawan menambahkan, program ini sangat perlu didukung karena menyadarkan orangtua untuk lebih aktif mengawal proses pendidikan anak.

"Sekolah adalah pihak yang kita berikan, titipkan sebagian tanggung jawab orangtua mendidik anak selama di sekolah. Kita harus berprinsip kooperatif dengan sekolah, tidak menjadi oposisi," ujar Netty.

Netty mengatakan, dengan program tersebut menjadi stimulus orangtua siswa bersosialisasi dengan orang tua siswa lainnya. "Termasuk aktif berkomunikasi dengan orangtua kelas masing masing, ini sangat penting. Sehingga apa yang dilakukan di sekolah, terus bersambung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya