Rino R Mukti, Peneliti Muda Peraih PAB XIV

Penghargaan Achmad Bakrie.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Lima tokoh ilmuwan dan peneliti dianugerahi Penghargaan Achmad Bakrie tahun 2016. Salah satunya, Dosen Institut Teknologi Bandung, Rino Rakhmata Mukti. Ia memenangkan kategori peneliti muda. Pengumuman pemenang dilakukan di Djakarta Theatre, Sabtu malam, 20 Agustus 2016.

Aburizal Bakrie Harap Masjid Achmad Bakrie Lahirkan Generasi Religius

Rino R. Mukti dinilai tim juri layak mendapatkan penghargaan itu atas prestasinya menyumbang secara nyata pada pemikiran energi masa depan melalui risetnya di bidang rekayasa pengembangan zeolit.

Penelitiannya mengembangkan bahan berstruktur nano dan berpori, yang digunakan sebagai katalis untuk memproduksi petro dan derivat bahan bakar bio. Sejumlah karyanya telah dipublikasikan di berbagai jurnal.

Penghargaan Achmad Bakrie Diharapkan Setara dengan Nobel

Sebelum ini, sejumlah penghargaan telah diraih Rino. Antara lain, Asian Rising Stars Award at 15th Asian Chemical Congress pada 2013; Indonesian Young Material Scientist Award pada 2014; dan DAAD-Fraunhofer Technopreneur Award pada 2016.

Rino menamatkan program sarjana di Departemen Kimia ITB dan langsung melanjutkan jenjang Master di Universitas Teknologi Malaysia. Gelar Doktor diraihnya dari Technical University of Munich, Jerman. Postdoctoral dia tempuh di Departemen Sistem Teknik Kimia, The University of Tokyo, Jepang.

Kepala Daerah hingga Pejabat Negara Hadiri Acara PAB XVII
Ziarah Makam H. Achmad Bakrie

FOTO: Keluarga Besar Bakrie Ziarah ke Makam Achmad Bakrie

ARB bersama keluarga besar kompak menggunakan baju berwarna putih. Acara ziarah ini diisi dengan pembacaan surat Yasin dan juga tahlil.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022