Jokowi: Islam Masuk ke Indonesia dengan Cara Damai

Presiden Jokowi membuka Bali Democracy Forum, Kamis, 8 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyoroti masalah toleransi dan demokrasi dalam pidato pembukaan "Bali Democracy Forum IX" di Nusa Dua, Bali, Kamis, 8 Desember 2016.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Menurut Jokowi, mencuatnya paham radikalisme, sikap intoleran, situasi politik masing-masing negara, hingga ekonomi global yang menurun, membuat banyak negara cemas.

Saat hadir dalam forum-forum internasional, Jokowi juga menangkap hal yang sama. Ada kegamangan yang melanda pimpinan negara-negara terhadap situasi tersebut.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Maka ia sepakat, Bali Democracy Forum IX tersebut mengambil tema "Agama, Demokrasi, dan Toleransi". Jokowi mengambil contoh di Indonesia, dengan beragam agama dan ribuan suku yang menyatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sejarah Indonesia mengajarkan bahwa ajaran Islam masuk ke Indonesia dengan cara damai. Nilai mengenai perdamaian inilah yang sampai saat ini terus dipegang oleh umat Islam Indonesia. Selain Islam, Indonesia adalah rumah bagi umat Kristiani, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kongfucian. Nilai-nilai perdamaian juga dipegang teguh oleh semua umat di Indonesia," kata Jokowi seperti dalam siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Jokowi menuturkan bahwa saling menghormati adalah budaya yang bisa mempersatukan masyarakat dunia saat ini. Sebab, walau berbeda, interaksi sesama manusia masih terus berjalan dengan baik.

"Tidak kalah pentingnya, budaya saling menghormati dan sifat toleransi telah menjadi benang yang mempersatukan masyarakat dunia yang berbeda-beda sejak kita ada di bumi ini," katanya. (ase)

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan Temui Presiden Jokowi

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, datang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat, 26 April 2024. Menteri Luar Ne

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024