Indonesia Jajaki Kerja Sama Cyber dengan China

Presiden China Xi Jinping di Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Supri

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengatakan Indonesia sedang menjajaki kerja sama di bidang pengawasan cyber dengan Pemerintah Republik Rakyat China (RRC).

Jenderal Hinsa Siburian: BSSN Tidak Boleh Anti dengan Perubahan Zaman

Rencana itu disampaikan langsung pada Duta Besar RRC untuk Indonesia, Xie Feng, yang tengah berkunjung ke kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Kamis, 15 Desember 2016.

"Kita telah sepakat melakukan kerja sama di bidang cyber, karena mereka punya teknologi yang cukup maju," kata Wiranto.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Terkait dengan rencana pemerintah membangun Badan Cyiber Nasional, menurut Wiranto, kerja sama dengan China ini akan semakin mempermudah kinerja dan realisasi lembaga baru yang disiapkan pemerintah Indonesia.

"Kami sedang menyusun satu organisasi baru yang memayungi berbagai kegiatan cyber Indonesia," ujar Wiranto.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Dalam pertemuan tersebut, Wiranto dan Xie Feng membahas beberapa hal, di antaranya terkait proteksi dalam e-commerce. Di mana e-commerce menjadi bagian utama perdagangan dunia saat ini.

"Mereka (China) sudah punya satu pengalaman yang cukup bagus. Oleh karena itu tidak ada salahnya kemudian kita lebih intens untuk melakukan kerja sama cyber ini," tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar RRC untuk Indonesia, Xie Feng menyambut baik rencana kerja sama kedua negara dalam bidang cyber ini. "Semua akan didiskusikan lebih lanjut," kata Xie Feng. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya