Lagi, Densus Tangkap Terduga Teroris Batam Kelompok KGR

Densus 88 Mabes Polri tangkap terduga teroris di Payakumbuh, Rabu (21/12).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyudi A. Tanjung

VIVA.co.id – Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror berhasil mengamankan satu orang terduga teroris berinisial 'S'' di sebuah rumah, di Jalan Deli Tua, Dusun 3 Aji Baho, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penangkapan dilakukan sekira pukul 12.00 WIB, Rabu, 21 Desember 2016.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

"Telah ditangkap satu orang yang merupakan DPO dari kasus terorisme di Batam," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, di Kantornya, Jakarta Selatan.

Martinus mengatakan, satu orang yang ditangkap merupakan kelompok dari Gigih Rahmat Dewa (KGR), yang bersama-sama melakukan kegiatan amaliah teror bersama Bahrun Naim alias Anggih Tamtomo.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

"(Dia) Mengikuti baiat pada ISIS bersama-sama anggota kelompok KGR pada bulan Agustus 2016 di Sungai Ladi Batam," katanya.

Tak hanya melakukan penangkapan, Tim Densus juga langsung menggeledah rumah yang ditempati terduga teroris. Dari hasil penggeledahan, Densus menemukan beberapa bukti terkait rencana aksi amaliah di Tanah Air.

5 Perwira Polisi yang Menangani Kasus Bom Sarinah, Ada yang Berujung Masuk Bui

"Tidak ada bom, tapi dia memiliki beberapa buku merakit, beberapa dokumen, kemudian ada beberapa bahan lainnya yang memang belum bisa dijadikan suatu rakit bom," kata Martinus.

Sebelumnya, Densus menggerebek lokasi kelompok teroris di Kampung Babakan, Tangerang Selatan. Terjadi baku tembak dalam penggerebekan ini. Tiga terduga teroris tewas, satu lainnya berhasil diamankan.

Setelah itu, masih di hari yang sama, Densus juga menangkap dua terduga teroris, masing-masing di wilayah Payakumbuh, Sumatera Barat dan Deli Serdang, Sumatera Utara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya