Kebaktian Kembali Digelar di Sabuga, Pengamanan Empat Ring

Ilustrasi polisi mengamankan kegiatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) kembali digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jawa Barat. Kali ini, KKR dijaga ketat aparat keamanan dengan melibatkan 500 personel polisi.

Polisi Sweeping Kawasan Manggarai Buntut Tawuran 2 Kali Dalam Sepekan

Kegiatan keagamaan umat Nasrani jelang perayaan Natal ini kembali digelar setelah sebelumnya mendapat penolakan oleh dua organisasi kemasyarakatan pada 6 Desember 2016. "Beberapa langkah preventif sudah dilakukan agar kegiatan nanti bisa berlangsung aman dan lancar. Ada lebih 500 personel yang terdiri atas polisi terbuka maupun tertutup, baik Dalmas maupun Brimob," ungkap Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo, di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 23 Desember 2016.

Pada pelaksanaan kali ini, pola pengamanan diberlakukan dengan ketat, yakni empat ring dibuat untuk mengantisipasi adanya pihak yang memaksa masuk. Ring I terdapat di auditorium Sabuga, ring II di halaman, ring III gerbang masuk, dan ring IV pada lalu lintas.

Prajurit Kidang Kencana Siliwangi Sweeping Jalur Trans Papua, Ada Apa?

Hendro menjelaskan, hasil koordinasi dengan forum kerukunan antarumat beragama, kegiatan KKR ini dipastikan tidak akan ada penolakan seperti sebelumnya. "Sampai saat ini, saya dan wali kota sudah beri pemahaman. Sejauh ini disepakati, sampai saat ini tidak ada (penolakan)," kata Hendro.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menambahkan, aktivitas keagamaan harus dilindungi karena dijamin oleh undang-undang dan bagian dari hak setiap warga negara. "Saya harus menyampaikan bahwa Anda yang menggelar kegiatan harus dilindungi selama sesuai dengan undang-undang. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran lagi. Jadi kalau begitu, tidak perlu takut lagi," kata Ridwan Kamil.

Aksi Sweeping Mahasiswa NTT di Kota Malang Sempat Ricuh
Polisi sweeping

Polisi Sweeping Massa Aksi Mau Demo di MK

Polisi melakukan penyekatan juga sweeping massa aksi yang bergerak melalui Pintu Tol Bekasi Barat 1 untuk ikut aksi di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Gambir, Ja

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024