Polisi Sweeping Kawasan Manggarai Buntut Tawuran 2 Kali Dalam Sepekan

Ilustrasi perkelahian - ilustrasi pengeroyokan - ilustrasi tawuran
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta -- Polisi mengaku sudah sweeping ke kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, agar tawuran tidak terjadi lagi.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Tawuran terjadi lagi di sana, Sabtu, 21 Oktober 2023. Kejadian tersebut adalah yang kedua dalam sepekan lalu. Selain melakukan pembubaran aksi tawuran, polisi mengaku telah berupaya melakukan upaya pencegahan sebelumnya.

“Kita sudah datangi para perangkat RW-nya, kita sudah sweeping-sweeping ke dalam, mungkin akan terus ke sana. Anggota berjaga-jaga di sana sampai situasi benar-benar melandai. Itu saja sih, enggak ada yang lain, karena mudah-mudahan orangnya pada sadar,” kata Kapolsek Tebet, Komisaris Polisi Jamalinus Nababan, kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2023.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Jamalinus menyebutkan, pihaknya terus berupaya mengantisipasi, termasuk menambah jumlah personel yang berjaga. Namun, pihaknya tak bisa cuma menjaga kawasan Manggarai saja karena ada wilayah lain yang juga harus dijaga oleh petugas. Dia mengklaim bahwa personel yang berjaga standby bukan mobile. “Saya sudah minta perbantuan Polres,” kata Jamalinus.

Ilustrasi tawuran remaja di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA/Diasty Surjanto
Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Lebih lanjut, dia mengatakan, aksi tawuran antar kelompok masyarakat di sana terjadi saat petugas tak ada di pos pantau. Kata dia, tidak mungkin polisi yang bertugas terus berada di pos pantau.

“Sudah saya bilang tadi, kita nggak mungkin nungguin terus. Karena setelah kejadian pertama saya sudah datangi sama orang tuanya, minta supaya dijaga, eh terjadi lagi,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, puluhan hingga ratusan remaja terlibat tawuran tepat di kolong Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Hal itu pun viral di sosial media.

Para remaja itu terlibat aksi saling lempar batu bahkan ada yang juga membawa bambu berkisar panjang 2 meter. Aksi tawuran itu pecah pada Kamis 19 Oktober 2023 malam.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari akun instagram @merekamjakarta tawuran tersebut sudah sempat dibubarkan oleh anggota kepolisian setempat di Terminal Bus Manggarai.

"Namun, pihak yang terlibat tawuran kembali bertemu di Underpass Manggarai. Massa yang terlibat tawuran mempersenjatai diri dengan botol beling, batu, dan senjata tajam," ujar keterangan akun instagram dikutip Jumat 20 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya