Formula E 2024 Batal karena Pemilu, Heru Budi Minta Jakpro Tetap Selenggarakan

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk turun tangan mengupayakan agar gelaran ajang balap mobil listrik Formula E tetap digelar pada tahun 2024 mendatang. Dikarenakan, Indonesia akan memasuki tahun politik dengan menggelar kontestasi pemilu pada 2024 mendatang. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Menurut Heru, Formula E merupakan kegiatan business to business (B2B) antara Formula E Operation (FEO) dengan Jakpro. Oleh sebab itu, dirinya tak mau ikut campur dan membiarkan lobi-lobi dilakukan antar keduanya.

"Saya enggak. Cuman Jakpro saja ke (FEO diskusi) silakan B2B," kata Heru Budi kepada wartawan di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 23 Oktober 2023.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Ajang balap Formula E 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu juga berharap Jakpro bisa melakukan pertimbangan berkaitan dengan potensi keuntungan sesuai dengan kontrak yang diteken.

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

"Apakah mundur menguntungkan, atau cari tanggal yang pas saya serahkan ke Jakpro," kata Heru.

Sementara itu, Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, mengaku sedang berkomunikasi dan berkoordinasi terkait perubahan jadwal balapan Formula E. 

"Kami memahami, bahwa kalender FIA yang ditayangkan tersebut memiliki dampak Global terhadap negara-negara yang terlibat di dalamnya, dan kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak yang sama-sama ingin memastikan kelancaran Pemilihan Umum Presiden 2024," kata Iwan.

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Sebagai informasi, Formula E bakal digelar di Jakarta yang berlokasi di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol pada 8 Juni 2024. Namun, jadwal itu berbenturan dengan agenda pemilihan umum (pemilu).

Akibat Pemilu 2024, Federasi Otomotif Internasional (FIA) belakangan mengeluarkan Jakarta dalam kalender balapan musim kesepuluh kejuaraan dunia Formula E ABB FIA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya