Rizieq FPI: Saya Kritik Rumusan Pancasila Usulan Bung Karno

Pemimpin Ormas FPI, Habib Rizieq Shihab.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA.co.id – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq membantah semua sangkaan Sukmawati Soekarnoputri yang menyebutkan dirinya telah menistakan simbol negara Pancasila. Ia juga membantah mencemarkan nama baik presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Habib Bahar Ungkap Sosok Spesial di Balik Kebebasannya

"Saya bantah itu, saya tidak pernah mencemarkan Bung Karno. Kalau dikatakan saya menodai Pancasila juga tidak," ujar Rizieq usai pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis 12 Januari 2017.

Menurutnya, yang harus difahami bahwa jika ada individu maupun kelompok yang mengkritik konsep Presiden Soekarno, tidak bisa diartikan sebagai sebuah bentuk pelecehan dasar Negara. "Kalau ada orang yang mengritik Pancasila usulan Soekarno, itu bukan berarti mengritik dasar Negara karena pancasila usulan Bung Karno belum menjadi Dasar Negara saat itu," kata Rizieq.

Bebas, Habib Bahar Janji Kembali Berjuang di Jalan Allah

Rizieq menambahkan, jadi kalau ada orang mengritik Pancasila usulan Bung Karno, terlebih dalam kerangka ilmiah tentu tidak masalah. “Saya tegaskan saya mengritik rumusan Pancasila yang diajukan Bung Karno, bukan Pancasila,” kata Rizieq.

"Tapi, kalau ada orang mengritik Pancasila 18 Agustus 1945 yang sekarang sah menjadi dasar negara itu bisa diartikan sebagai kritik kepada lambang negara. Jadi saya pikir ini salah alamat (sangkaan)," katanya.

Ramadhan Pertama, Habib Rizieq Dikaruniai Cucu Kembar

(mus)

Spanduk Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dipasang di JPO depan DPR.

Ada Spanduk Habib Rizieq Terpajang di Tengah Aksi PA 212

Spanduk Habib Rizieq itu membentang di JPO.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2020