Pesawat Latih Gagal Mendarat Gara-gara Calon Pilot Grogi

pesawat latih di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi
Sumber :
  • Antara/ Seno S

VIVA.co.id - Insiden crash landing  atau pendaratan darurat hingga kecelakaan dialami sebuah pesawat latih milik MUFA Flying School di Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin, 16 Januari 2017. Pesawat itu terbakar dan mengakibatkan satu penumpangnya luka-luka.

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Kepala Bandara Blimbingsari, Dodi Dharma Cahyadi, membenarkan informasi kecelakaan pesawat itu. "Benar terjadi insiden pesawat latih milik sekolah penerbangan MUFA pada tanggal 16 Januari 2017," katanya dihubungi VIVA.co.id melalui sambungan telepon seluler.

Dharma menjelaskan, insiden pesawat gagal mendarat itu terjadi sekira pukul 10.00 WIB. Pesawat dikendalikan seorang diri oleh taruni MUFA bernama Regina, siswa pilot pada sekolah penerbangan itu. "Korban luka sudah dievakuasi dan dirawat di rumah sakit," katanya.

Harunya Pak Buari, Warga Terdampak Erupsi Semeru Dapat Hunian Baru

Kebetulan, kata Dharma, saat kejadian pesawat dikemudikan Regina, tanpa didampingi pelatih. Itu adalah penerbangan pertama bagi Regina terbang sendiri. "Kebetulan dia sendirian, first solo (penerbangan pertama sendirian). Jadi mungkin grogi waktu landing (pendaratan)," ujarnya.

Kendati begitu, Dharma mengaku belum bisa menjelaskan penyebab pasti kecelakaan itu. Dia sudah melaporkan kejadian itu kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) agar dilakukan penyelidikan penyebab insiden.

Risma Ungguli Khofifah di Mata Emak-emak Jatim Versi Survei SSC

"Besok pagi tim dari KNKT sampai di Banyuwangi lakukan penyelidikan," ujarnya. Hingga berita ini selesai ditulis, Dharma menerangkan bahwa proses evakuasi badan pesawat yang terbakar di landasan pacu dilakukan oleh petugas.

Banjir masih menggenangi rumah warga di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa, 15 Maret 2022.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

BPBD mengatakan ratusan rumah, satu pesantren, tiga mushala, dan satu sekolah terdampak banjir yang terjadi di enam lokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022