7 Jenazah Korban Kapal Karam di Johor Ditemukan

Penemuan korban tewas kapal karam di Johor Malaysia
Sumber :
  • VIVA/Berton Siregar

VIVA.co.id – Jajaran Polda Kepulauan Riau dan TNI Angkatan Laut dibantu warga kembali menemukan 7 orang mayat yang diduga sebagai korban kapal pengangkut 40 orang TKI ilegal yang tenggelam di perairan Tanjung Kemang, Mersing, Johor Bahru Malaysia, pada Senin, 23 Januari 2017..

Polda Sumut Tetapkan 9 Tersangka Kasus Kapal TKI Ilegal Tenggelam

Dengan penemuan 7 korban ini maka jumlah korban tewas yang ditemukan dalam kurun dua hari ini, sejak Jumat 27 Januari 2017 hingga Sabtu 28 Januari 2017, bertambah menjadi 16 orang. 15 korban berjenis kelamin laki-laki dan satu jenazah berjenis kelamin perempuan.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol, S.Erlangga, mengatakan penemuan 7 mayat ini terjadi pada Jumat 27 Januari 2017 malam hingga 28 Januari 2017 pagi. Jenazah ditemukan terpisah di Pantai Bintan dan Pantai Kabil Batam.

Satu Lagi Jasad TKI Korban Kapal Karam di Malaysia Ditemukan

"Empat jenazah ditemukan di pantai yang berada di Bintan, dan tiga jenazah ditemukan di Pantai Nongsa Batam," kata Kombes Erlangga, Sabtu, 28 Januari 2017.

Kendati demikian, kepolisian belum dapat memastikan apakah total penumpang kapal nahas tersebut berjumlah 40 orang. Sebab, data manifes dan sumber informasi yang akurat belum diperoleh.

Polisi Temukan Lagi Jasad TKI Korban Kapal Karam di Malaysia

Bila benar jumlah penumpang kapal tersebut berjumlah 40 orang, maka dengan penemuan 16 jenazah di Kepulauan Riau hingga hari ini, ditambah 16 jenazah yang lebih dulu ditemukan oleh Tim SAR Malaysia, dan 8 korban berhasil diselamatkan, dipastikan seluruh korban kapal nahas sudah ditemukan.
 
"Saya tidak mau berandai andai, total 40 orang penumpang didapat darimana? Kan masih perkiraan. Tentu kita masih melakukan penyelidikan," ujarnya.

Menurutnya, para korban tewas yang ditemukan rata-rata tubuh korban sudah kondisi rusak dan membusuk. Korban seluruhnya sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri, untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi oleh tim DVI Polda Kepri.

"Jenis kelamin ke-16 itu sudah bisa dipastikan, untuk identitas jenazah belum, tim DVI masih bekerja, nanti bila sudah teridentifikasi tentu akan kita release," imbuhnya.

Sebelumnya, Tim SAR Malaysia menemukan 16 jenazah dan 8 orang korban berhasil diselamatkan. Dari 16 jenazah, dua diantaranya sudah siap dipulangkan hari ini setelah berhasil diidentifikasi oleh pihak DVI Malaysia dan DVI Indonesia.

"Dua jenazah sudah Teridentifikasi yaitu atas nama Sayyideh yang akan dipulangkan dari Kuala Lumpur dengan penerbangan, KLIA-Jkt-Sby serta Lambertus Luan akan diterbangakan dari Kuala Lumpur dengan rute KLIA-Jkt-Kupang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya