Evakuasi Pesawat Garuda Tunggu Alat dari Surabaya

Pesawat maskapai Garuda Indonesia tergelincir di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, pada pukul 19.51 WIB, Rabu, 1 Februari 2017.
Sumber :
  • IST

VIVA.co.id - Sejumlah penerbangan dari Bandara Adisutjipto di Yogyakarta, dibatalkan akibat insiden pesawat Garuda Indonesia tergelincir di bandara itu pada pukul Rabu malam, 1 Februari 2017. Pembatalan penerbangan, karena pesawat itu belum bisa dievakuasi.

Pesawat Angkut WNA Tergelincir di Bandara Morowali Hingga Nyangkut di Semak-semak

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, mengatakan bahwa pesawat belum dievakuasi, karena masih menunggu kedatangan alat dari Surabaya. Alat evakuasi diperkirakan baru datang besok pagi.

"Ekor pesawat hanya berjarak 12,5 meter dari runway (landasan pacu). Jadi, semua penerbangan setelah pesawat tergelincir, kita batalkan, karena terlalu berisiko," kata Agus pada Rabu malam.

TNI Bantah Panglima Yudo Margono Berada di Pesawat yang Tergelincir di Timika Papua

Agus menjelaskan, sebanyak tujuh penerbangan dari Bandara Adisutjipto dibatalkan hingga pesawat bisa dievakuasi. Sedangkan pesawat yang seharusnya mendarat di Bandara Adisutjipto, ada delapan penerbangan yang kembali ke bandara asal.

"Kondisi pesawat saat ini, roda depan maupun roda belakangnya terperosok ke tanah. Kedalamannya sekitar 30 sentimeter hingga 40 sentimeter. Proses evakuasi masih menunggu alat. Bandara ditutup hingga proses evakuasi selesai," kata Agus.

Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Mozes Kilangin Timika Papua

Kronologi

Pesawat Garuda Indonesia tergelincir di Bandara Adisutjipto pada pukul 19.51 WIB, Rabu 1 Februari 2017. Pesawat dengan nomor penerbangan GA258 itu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten, menuju Bandara Adisutjipto.

Pesawat yang mengangkut 123 (sebelumnya disebut 119) penumpang itu tergelincir, saat mendarat di landasan pacu 27, di selatan apron Terminal A Bandara Adisutjipto. Semua penumpang dilaporkan selamat dan tidak ada yang terluka.

Penerbangan GA258 yang dilayani dengan pesawat Boeing 737-800NG bernomor registrasi PK-GNK itu lepas landas dari Jakarta pada pukul 18.20 WIB dan mendarat di Yogyakarta pada pukul 19.41 WIB.

Saat mendarat, landasan yang licin akibat cuaca buruk dan hujan deras di Bandara Adisutjipto mengakibatkan pesawat slip. Seluruh penumpang dievakuasi dengan selamat. Penumpang yang dievakuasi segera mendapatkan pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya