Diguncang Gempa 4,7 SR, Warga Bali Panik

Ilustrasi/Gempa bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Gempa bumi kembali guncang wilayah selatan Bali dengan kekuatan 4,7 SR. Gempa tersebut terjadi pukul 01.25 WIB, Sabtu, 8 April 2017. Titik gempa berada di koordinat 9,40 LS dan 115,49 BT, atau tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 59 km barat daya Klungkung dengan kedalaman 72 km.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan gempa tersebut dirasakan lemah oleh warga yang tinggal di Kuta, Tuban, Nusa Dua, Denpasar, Gianyar Klungkung, dan Nusa Penida.

"Hal ini sesuai dengan laporan beberapa warga yang merasakan gempa bumi. Mereka khawatir karena sejak 22 Maret 2017 wilayah Bali selatan sudah 3 kali diguncang gempa bumi," ujar Daryono dalam siaran persnya pada VIVA.co.id.

Bali Diguncang Gempa Bumi 5,2 SR

Daryono menambahkan, dua gempa bumi sebelumya terjadi pada 22 Maret 2017 (5,6 SR) dan 6 April 2017 (4,4 SR). Menurutnya, jika melihat kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini juga merupakan jenis gempa bumi berkedalaman menengah dipicu aktivitas subduksi  lempeng.

"Masyarakat pesisir selatan Bali diimbau agar tetap tenang, mengingat gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia. (ase)

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Bali, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan
Peta lokasi gempa Kuta, Bali.

Pantai Kuta Bali Telah Diguncang 5 Gempa Beruntun

Lokasi pusat gempa di lautan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2020