Istigasah Kubro, Ribuan Nahdliyin Penuhi Stadion Sidoarjo

Ribuan Nahdliyin mulai penuhi Stadion Sidoarjo, Minggu, 9 April 2017.
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kota Sidoarjo, Jawa Timur, sudah dipenuhi ratusan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) yang menghadiri dalam istigasah kubro di Stadion Gelora Delta pada Minggu pagi ini, 9 April 2017. Rekayasa lalu lintas diberlakukan guna memperkecil tingkat kemacetan.

NU Akan Gelar Istigasah, Jutaan Warganya Diprediksi Jejali Jakarta

Istigasah kubro digelar Pengurus Wilayah NU Jawa Timur dalam rangka hari ulang tahun NU ke-94 berdasarkan kalender hijriyah. Informasi diperoleh VIVA.co.id puluhan bus pembawa peserta istigasah dari masing-daerah mulai berangkat sejak Minggu dini hari menuju Sidoarjo.

Ketua panitia acara ini, Achsanul Haq, mengatakan, berdasarkan data laporan jumlah peserta yang mendaftar melalui seluruh pengurus cabang NU se Jatim menyebutkan, sedikitnya 350 ribu orang siap hadir ke istighasah di Gelora Delta Sidoarjo.

2.500 Personel Gabungan Polisi dan TNI Gelar Doa Bersama

"Sebanyak 350 ribu orang itu baru nahdliyin dari PCNU-PCNU, belum dari lembaga dan Banom (badan otonom), seperti Muslimat NU, Fatayat, Ansor, dan lainnya. Belum lagi dari warga umum Sidoarjo dan Surabaya," kata Achsanul dikonfirmasi VIVA.co.id.

Dia mengatakan, di luar acara inti yakni istigasah dan doa bersama, acara hanya diisi dengan sambutan dari Ketua NU Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah, dan tausiah dari Rais Am Pengurus Besar NU, Ma'ruf Amin.

Kata Pelaku Penyiram Air Keras ke Pemain Timnas Malaysia

"Ketua Umum PBNU, Kiai Said Aqil Siroj, tidak memberi sambutan. Beliau hanya ikut istighasah saja," ujarnya.

Tidak disediakan kesempatan bagi pejabat negara dan tokoh nasional untuk menyampaikan sambutan dan kesan. Undangan secara khusus juga tidak disampaikan panitia kepada mereka. Tetapi panitia tidak menghalangi tokoh siapapun yang hadir untuk ikut istigasah berjemaah.

Sementara ini, terang Achsanul, selain pejabat Forkopimda dan tokoh daerah setempat, tokoh yang sudah mengkonfirmasi siap hadir ialah Menteri Sosial sekaligus Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. "Kalau Gus Ipul sudah pasti datang," ucapnya.

Adapun Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian, ujar Achsanul, yang semula dijadwalkan hadir batal karena ada kegiatan dinas. "Cak Imin (Muhaimin Iskandar, Ketum PKB) dan Cak Imam (Menpora Imam Nachrawi) belum konfirmasi hadir atau tidak," ucapnya.

Kepolisian Daerah Jawa Timur dan dan Kepolisian Resor Kota Sidoarjo dibantu Polres lain menerjunkan sekitar 8.000 personel untuk pengamanan istigasah kubro NU ini. "6.800 dari Polres akan dikerahkan, selain dari Polda. Belum dari Polres-polres yang mengawal jemaah dari daerah luar Sidoarjo," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya