Hilal Tertutup Awan di Palembang

Ilustrasi-Pemantauan hilal
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan melakukan pemantauan hilal untuk menetapkan awal Ramadan. Pemantaun dilakukan di lantai 18 gedung Hotel Aryaduta, Palembang, Jumat, 26 Mei 2017.

Kemenag: Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April Besok

Dari hasil hisab, hilal sudah mulai terlihat di Palembang, dengan ketinggian 8 derajat 27 menit 36 detik di atas ufuk mar'i. Sementara, azimut matahari terbenam 21 derajat 10 menit 42 detik di utara titik barat dan azimut bulan terbenam 17 derajat 47 menit 10 detik di utara titik barat.

"Pada saat matahari terbenam, menurut hisab hilal sudah di atas ufuk, maka hilal pada sore ini ada kemungkinan dapat di rukyat, tapi cuaca tidak mendukung. Jadi hilal tidak terlihat di Palembang," kata kepala kantor wilayah Kementerian Agama Sumsel, H M Alfajri Zabidi.

Hilal Terlihat di Sidoarjo, 1 Syawal 1445 H Diyakini Jatuh Rabu 10 April 2024

Dilanjutkan Alfajri, hasil rukyat sore ini akan langsung di sampaikan kepada Kemenag RI di Jakarta untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Ramadhan 1438 Hijriah.

"Penetapan tetap menunggu hasil sidang isbat, karena di sini hilal tidak tampak secara kasat mata, karena tertutup awan," ujarnya.

4 Ketentuan Penting dalam Penentuan Hilal Awal Bulan Hijriah

Jika sudah ada penetapan dari sidang isbat, maka seluruh umat muslim dapat menjalankan puasa Ramadan.

"Karena itu, penetapan 1 Ramadan 1438 H yang ada kaitannya dengan memulai ibadah puasa. Tetapi tetap menunggu hasil isbat," kata Alfajri. (ase)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024