Cerita Jokowi 'Sulap' Wiriadinata Jadi Bandara Komersil

Menhub tinjau kesiapan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Pangkalan Udara Militer Wiriadinata di Tasikmalaya, Jawa Barat, sebagai bandara yang juga melayani penerbangan komersil.

ICW Setor 20 Rekomendasi Nama Pansel Capim KPK ke Presiden Jokowi

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku mendapat keluhan dari Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, soal Bandara Wiradinata. Selama 12 tahun dari yang direncanakan, Wiriadinata belum bisa juga menjadi bandara umum atau komersil.

"Saya sampaikan ke Pak Wali Kota, kasih saya waktu dua minggu untuk menyelesaikan ini. Saya enggak mau bulan, saya minta dua minggu dan ternyata dua hari sudah selesai," kata Joko Widodo di Lanud Wiradinata Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, 10 Juni 2017.

Gunakan Kain Endek Bali Ketika Bertemu Presiden Jokowi, Sikap Politik Puan Maharani Dipuji

Jokowi menegaskan bahwa persoalan sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu perintah Presiden.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa bandara Tasikmalaya ini sebagai bukti komitmen pemerintah dalam membangun konektivitas serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ketemu Jokowi, Puan Maharani Disebut Warisi Sikap Negarawan Taufiq Kiemas

Karena itu, Kementerian Perhubungan menyadari dan terus meningkatkan kapasitas dalam pelayanan transportasi khususnya di Selatan Jawa Barat.

"Kami siap melakukan pengembangan Bandara Wiradinata untuk pemenuhan transportasi udara di Selatan Jabar dengan tetap menguatamakan safty," ujar Budi Karya.

Dalam peresmian itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar, dan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, secara bersama menekan tombol sebagai tanda dibukanya bandara Wiradinata Tasikmalaya.

Seperti diketahui, pangkalan militer yang kini menjadi inclace sipil atau melayani penerbangan komersil yang diwujudkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Jumat 9 Juni 2017.

Penerbangan akan menghubungkan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya dengan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Wiriadinata memiliki Register Bandar Udara No. 022/RBU.BN-DBU/VI/2013. Lokasinya berjarak 6 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya dan berjarak sekitar 12 kilometer dari terminal tipe A Kota Tasikmalaya. Waktu tempuh dari kota hanya sekitar 15 menit.

Sementara bandara yang berada di sekitarnya adalah Bandara Nusawiru Ciamis, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Cakrabhuwana Cirebon dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya