Beberapa Mobil Terperosok, Waspada di Tol Darurat

Tim SAR mengevakuasi mobil yang terperosok di Tol Fungsional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Kepadatan kendaraan pemudik di tol darurat Brebes-Gringsing dipastikan terjadi hari ini Jumat, 23 Juni 2017. Untuk itu, pemudik diminta terus berhati-hati karena sebelumnya tol sepanjang 110 kilometer ini telah terjadi beberapa kecelakaan. 

Percepat Penyelesaian Tol Ini, Waskita Cairkan PMN Rp1,24 Triliun

Informasi dari tim Basarnas Jateng yang siaga di lokasi, pada Kamis, 22 Juni 2017 atau tiga hari jelang Lebaran, tercatat ada tiga kejadian pemudik yang mengalami masalah saat melintasi jalur darurat tersebut.

Kejadian pertama menimpa kendaraan pemudik yang terperosok ke luar jalur tol tersebut. Insiden itu menimpa seorang pemudik dari Jakarta yang hendak menuju Klaten dan disebabkan karena sang sopir mengantuk.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Masih di hari yang sama, sebuah mobil Terios mengalami pecah ban depan kiri, sehingga tak mampu melanjutkan di tol darurat Pemalang-Batang. Kondisi itu cukup mengganggu arus lalu lintas hingga tim Basarnas mengevakuasi mobil tersebut dengan mengganti ban baru. 

Tim Posko Siaga Basarnas di exit tol Gringsing kembali mengevakuasi sebuah mobil Xtrail yang dikemudikan Ega (46) warga Bekasi yang hendak mudik ke Solo.

Resmikan Tol Pejagan-Pemalang, Jokowi: Konektivitas Makin Tersambung

Kendaraan pemudik tersebut sempat mengalami kecelakaan tunggal dan terbalik saat menghindari sebuah mobil yang terparkir di pinggir jalan tol di ruas KM 256 Pemalang-Batang.

Menurut Humas Basarnas Jateng, Zulhawary, selain karena sopir mengantuk, beberapa insiden itu terjadi akibat belum siapnya jalur darurat untuk dilewati secara normal. 

"Maka pada puncak arus mudik ini patut menjadi kewaspadaan bagi para pemudik yang akan melintasi jalan tersebut. Jalan yang berkelok, naik turun, serta masih banyaknya kerikil yang bertebaran di jalan darurat berpotensi menimbulkan masalah bagi pemudik, " kata Zul, Jumat, 23 Juni 2017.

Sementara itu, arus lalu lintas di exit tol Gringsing sejak tadi malam hingga pagi ini terpantau cukup padat. Bahkan pagi ini, pintu keluar tol menuju jalur Pantura Gringsing terpantau mengalami kemacetan cukup panjang.

Kondisi itu diperkirakan semakin parah mengingat puncak arus mudik pada hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya