Polri Prediksi Titik Kemacetan Mudik 2018 di Exit Pemalang

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa meninjau persiapan mudik
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA –  Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi, Royke Lumowa meninjau langsung ruas jalan yang akan dilalui oleh para pemudik pada Lebaran Idul Fitri 2018.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Pada kesempatan ini, Royke meninjau ruas jalan tol mulai dari tol Cikampek, Cikopo-Palimanan, Pejagan, Tol Brebes Timur (Brexit) hingga pintu keluar tol Pemalang, Jawa Tengah.

Royke memprediksi, bakal terjadi kepadatan di pintu keluar tol Gandulan, Pemalang,Jawa Tengah arah ke tol Semarang, Jawa Tengah.

Keseruan Rayakan Bulan Kemerdekaan, Arakan Ondel-Ondel dalam Mal Hingga Kuliner Jalur Mudik!

"Ini titik krusial yang kita pikirkan. Ini (titik) adalah kepadatan terjadi di sini, khusus yang arah ke Semarang. Karena, di sana gate (pintu) pembayaran ada antrean," kata Royke di Pemalang, Jawa Tengah, Jumat 18 Mei 2018.

Menurutnya, apabila itu tidak dilakukan pengaturan arus kendaraan lalu lintas maka akan terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol Gandul tersebut. Karena itu, polisi lalu lintas menyiapkan langkah-langkah agar tidak terjadi kemacetan.

Pemudik Meninggal Dunia di Jalur Gentong Tasikmalaya, Diduga Kelelahan

"Dalam pengaturan trafic-nya, kita akan atur di pintu-pintu keluar ke Pantura arteri. Ya, kita juga akan atur di gate-gate sebelumnya Palimanan dan di Cikarang. Manajemennya seperti itu," ujarnya.

Kemudian, ia menambahkan, beberapa hari sebelum kegiatan mudik Lebaran, semua proyek pembangunan di sepanjang jalan tol Cikampek akan dihentikan. Hal ini bertujuan, agar tidak terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan itu.

"Info dari PUPR komitmen, pengerjaan eleveted, LRT (Light Rail Transit) berhenti di H-10 (Lebaran)," ujarnya.

Tol Pemalang rampung

Namun, untuk proses pengerjaan proyek pembangunan jalan tol dari Brebes Timur hingga tol Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah, menurut Royke, sudah hampir selesai proses pengerjaannya.

"Kita lihat tadi dari Kaligangsa atau Brexit ke titik sini exit Pemalang, pengerjaannya sudah 99 persen," ujar Royke.

Maka, dalam mudik Lebaran Idul Fitri 2018 ini, ruas jalan itu bisa dilalui para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

"Sesuai target H-15, paling lambat H-10 sudah selesai (pengerjaannya). Paling lambat akhir Mei atau awal Juni clear," katanya.

Selama musim mudik Lebaran, ada anggota polisi yang melakuan pengaturan arus lalu lintas dan juga melakukan penjagaan di pos-pos yang telah disediakan. "Setiap 10 kilometer mobil patroli dari Polres, syukur-syukur ada lampu penerangan, dibantu ada penjagaan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya