Keseruan Rayakan Bulan Kemerdekaan, Arakan Ondel-Ondel dalam Mal Hingga Kuliner Jalur Mudik!

Monumen Proklamasi hadir pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

TANGERANG – Meski HUT ke-78 Republik Indonesia sudah lewat, yakni di tanggal 17 Agustus kemarin, namun nyatanya semarak untuk memeriahkan hari kemerdekaan pun masih terasa.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Dimana, beberapa lokasi di wilayah Tangerang, masih mengadakan kegiatan lomba, karnaval hingga parade untuk terus memeriahkan kemerdekaan di bulan Agustus ini. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Berikut, sejumlah kegiatan yang masih diadakan di bulan kemerdekaan hingga akhir Agustus 2023:

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

1. Arakan Ondel-Ondel

Biasanya, arakan boneka khas dari kesenian Betawi ini, hadir ditengah pemukiman masyarakat, atau terkadang melakukan pertunjukkan di pinggir jalan, untuk menghibur para pengendara.

Siap Investasi di IKN, Pengusaha Malaysia Bakal Bangun Sektor Hunian dan Pendidikan

Tapi, dalam HUT ke-78 RI ini, salah satu pengelola pusat perbelanjaan di Kabupaten Tangerang, yakni Supermal Karawaci, membawa atraksi boneka raksasa yang khas dengan hiasan kembang kelapa ke dalam mal tersebut.

Yang nyatanya, atraksi budaya itu menjadi daya pikat para pengunjung. Terlebih, ondel-ondel pun diarak berkeliling mal dengan iringan musik tanjidor yang membawakan instrumen lagu kebangsaan.

Salah satu pengunjung, Christien mengatakan, hal itu menarik perhatiannya, terlebih bisa sekalogus memberi edukasi pada putranya yang masih berusia 5 tahun, untuk mengenal ondel-ondel.

"Terhibur pastinya, apalagi saya bawa anak yang sekalian saya kasih tahu, kalau itu namanya ondel-ondel. Soalnya budaya seperti itu sudah susah ditemui," katanya.

2. Monumen Proklamasi

Monumen ini sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Dimana, pada monumen itu terdapat patung Soekarno dan Hatta yang sedang mengapit lempengan manuskrip proklamasi kemerdekaan Indonesian.

Monumen ini pun dibuat persis seperti foto yang diabadikan saat proklamasi pertama kalinya dibaca. Patung bersejarah ini pun, berada di  Taman Proklamasi, Jakarta Pusat.

Tapi kali ini, monumen tersebut hadir pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Monumen Proklamasi hadir pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Menghadirkan duplikat monumen bersejarah itu, tentunya daya tarik pengunjung dan penumpang yang ada di bandar udara tepatnya, Terminal 3, Soetta, Tangerang.

Bukan hanya WNI, namun para WNA yang hendak melakukan penerbangan, atau baru tiba di bandar udara itu pun tidak mampu memalingkan wajah, dari duplikat monumen tersebut.

Seperti salah seorang wisatawan asal Itali, Laurent mengatakan, ia merasa kagum dengan adanya monumen tersebut.

"Saat mau terbang ke Bali dan transit di Soetta, saya kaget melihat monumen proklamasi, yang menurut saya menarik, apalagi ada penjelasan soal monumen ini yang tentunya ini sangat menambah pengetahuna saya," ujarnya.

3. Wisata Kuliner Rasa Jalur Mudik

Biasanya, wisata kuliner menghadirkan makanan kekinian baik itu dari dalam dan luar negeri. Atau, memiliki satu tema khusus dari Provinsi di Indonesia.

Namun, wisata kuliner satu ini agak berbeda, dimana menghadirkan beragam kuliner yang berada di jalur mudik.

Hal ini tentunya bisa menjadi obat kerinduan para perantau akan keseruan pada saat pulang kampung, untuk icip-icip kembali kudapan saat perjalanan ke kampung halaman.

Wisata kuliner yang hadir dalam FKS (Festival Kuliner Serpong) di SMS, Tangerang, menyajikan makanan mulai dari jalur mudik Banten, hingga Cirebon.

Festival yang dibuka mulai Agustus hingga September 2023 ini, menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk bisa mengisi waktu luang dengan mencicipi kudapan khas perjalanan mudik lebaran 2023.

4. Promo Nama Agus Gratis Berlibur di Wisata Air Tangerang

Bagi yang bernama Agus di hari dan bulan kemerdekaan di bulan Agutustu ini harus sumringah. Hal ini karena, banyak promo potongan harga sampai gratis yang diberikan sejumlah lokasi wisata, hingga kuliner di beberapa lokasi.

Seperti di Wonderful Of World Citra Raya, Tangerang. Wisata air yang hadir dengan sejumlah arena permainan ini, tidak mengenakan biaya, bagi pemilik nama Agus.

Promo ini pun diterapkan sampai dengan 31 Agustus 2023 ini. Untuk bisa mendapatkan promo ini, bagi pemilik nama Agus pun bisa menunjukkan identitas diri (KTP) untul memvalidasi nama Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya