Dibuka Hari Ini, Patung Ikonik Raksasa KAWS Lagi Rebahan di Candi Prambanan

Patung KAWS di Candi Prambanan.
Sumber :
  • AllRightsReserved

YOGYAKARTA – KAWS: Holiday kini hadir di Indonesia. Menariknya, karakter KAWS 'Accomplice’ berwarna pink itu kini sedang ‘mampir’ di salah satu situs warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan yang ada di Yogyakarta. 

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Melansir video yang diunggah di akun TikTok @USS patung ikonik berwarna pink itu berada di halaman pelataran Candi Prambanan. KAWS:Holiday Indonesia, bakal dipamerkan mulai 19 hingga 31 Agustus 2023 dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Dengan demikian, ini menjadi karya seni pertama KAWS yang ditampilkan di Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-9, kompleks candi Prambanan tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. 

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Didedikasikan untuk dewa-dewa Hindu, kuil-kuil dihiasi dengan patung-patung relief batu yang menggambarkan pengetahuan spiritual, para pahlawan, dan hewan. Situs ini terkenal dengan arsitekturnya yang tinggi dan runcing, dengan puncak kuil pusat mencapai ketinggian 47 meter. Karya seni KAWS sepanjang 45 meter ini juga merupakan patung terbesar yang pernah diproduksi seniman hingga saat ini.

Westlife Bakal Konser di Candi Prambanan, Harga Tiket Mulai Rp700 Ribuan Aja

Pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer.

"Saya merasa terhormat dengan dipajangnya patung karya saya di Indonesia, di mana karya ini dapat dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di negara ini. Seni memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan menginspirasi koneksi yang bermakna, dan saya bersyukur atas kesempatan untuk berkontribusi pada hal itu melalui pekerjaan saya,” ujar KAWS dalam keterangannya, dikutip Sabtu 19 Agustus 2023. 

"KAWS:Holiday Indonesia mengundang penggemar dari seluruh dunia untuk ikut serta dalam perjalanan ini, membenamkan diri di tempat kelahiran peradaban Jawa, Yogyakarta, dan menjelajahi kota cantik nan bersejarah ini. 

Diluncurkan pada 2018, tur pameran dunia KAWS: Holiday yang diselenggarakan oleh AllRightsReserved dimulai di Seoul dan sejak itu melakukan perjalanan ke Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, sampai menembus luar angkasa. Setiap perhentian telah menerima sambutan yang luar biasa dari penggemar dan penduduk setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya