5 Negara dengan Populasi Buddha Terbesar di Asia, No 1 Bukan Thailand

Patung Buddha di Vihara Avalokitesvara Graha
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar

VIVA – Buddhisme telah menjadi bagian penting dari kehidupan dan budaya Asia selama berabad-abad. Di Asia, beberapa negara memiliki populasi Buddha yang signifikan, memainkan peran penting dalam identitas dan warisan budaya mereka. Disadur dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa negara dengan populasi Buddha terbesar di Asia:

Indonesia ke Perempat Final Thomas Cup, Begini Kata Chico Aura Dwi Wardoyo

1. Kamboja

Buddhisme adalah salah satu tiang kehidupan budaya dan spiritual di Kamboja, yang mendalam memengaruhi seni, festival, dan adat istiadat sosial negara tersebut. Kamboja adalah negara paling Buddhis di Asia, dengan 96,8% dari populasi mengidentifikasi diri sebagai penganut Buddha Theravada. Kamboja juga memiliki populasi Buddha terbesar kelima di dunia, menjadikannya salah satu negara Buddhis terbesar secara global.

Siswa MTsN 1 Pati Sabet Emas dan Perak Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

2. Thailand

patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Photo :
  • Anandajoti Bhikkhu/flickr
Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Buddhisme adalah inti dari identitas Thai, memengaruhi seni, arsitektur, dan praktik sehari-hari, dengan sebagian besar populasi praktik Buddha Theravada. Thailand memiliki populasi Buddha terbesar kedua di Asia, dengan sekitar 93% dari populasi merupakan penganut Buddha. Kerangka hukum Thailand secara resmi mengakui lima denominasi agama: Buddhisme, Islam, Hinduisme-Brahmin, Sikhisme, dan Kekristenan. Meskipun tidak ada agama negara yang ditetapkan, konstitusi mewajibkan raja untuk mengikuti agama Buddha.

3. Myanmar

Buddhisme merupakan bagian integral dari warisan budaya dan sosial Myanmar, memengaruhi sastra, seni, dan hari libur nasionalnya. Dengan lebih dari 41 juta penganut Buddha, Myanmar memiliki populasi Buddha terbesar ketiga di dunia. Akibatnya, hampir 80% dari populasi negara tersebut adalah penganut Buddha. Bentuk Buddhisme yang populer di Myanmar adalah Buddhisme Theravada, yang merupakan campuran astrologi, numerologi, dan ramalan.

Salah satu ciri khas Buddhis di Myanmar adalah meningkatnya popularitas meditasi di kalangan individu biasa. Di masa lalu, meditasi lebih dominan dipraktikkan oleh biksu, sedangkan orang awam biasanya fokus pada memberikan sedekah kepada biksu saat mereka berkeliling. Namun, selama periode penjajahan Inggris, meditasi mulai diperkenalkan kepada orang awam dalam skala yang lebih luas untuk pertama kalinya. Tradisi ini terus berlanjut hingga saat ini.

4. Bhutan

Ilustrasi patung Buddha.

Photo :
  • Pixabay

Identitas Bhutan sangat terkait erat dengan Buddhisme, terutama Buddhisme Vajrayana, yang memengaruhi tata pemerintahan, seni, dan kehidupan sehari-hari. Agama resmi negara Bhutan juga adalah Buddhisme, dan hampir 75% dari populasi negara tersebut adalah penganut Buddha, menjadikannya salah satu negara paling Buddhis di dunia.

5. Sri Lanka

Buddhisme sangat penting di Sri Lanka, membentuk warisan budayanya dan identitas nasional serta memainkan peran kunci dalam praktik sosial dan keagamaan. Sri Lanka memiliki salah satu populasi Buddha terbesar di dunia, membentuk 68,6% dari total populasi negara tersebut. Agama resmi Sri Lanka juga adalah Buddhisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya