Pesona Pantai Lalassa di Tanjung Lesung, Cuma 3 Jam dari Jakarta!

Pantai Lalassa, Tanjung Lesung, Banten.
Sumber :
  • Instagram @tanjunglesungid

VIVA Lifestyle – Pengen healing tapi enggak mau jauh-jauh karena enggak punya waktu? Banyak tempat wisata alam yang dekat dengan Jakarta yang bisa Kamu sambangi. Salah satunya adalah pantai cantik satu ini yang berlokasi di kota wisata alam terbesar berbasis laut terdekat dengan Jakarta, Tanjung Lesung, Banten.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Dinamakan Pantai Lalassa, tempat yang berlokasi tepatnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten ini bisa Kamu datangi hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari ibu kota.

Pantai Lalassa merupakan salah satu objek wisata populer di KEK Tanjung Lesung. Yang membuat pantai ini indah ialah air laut yang bening dan hamparan pasir yang bersih. Agustus ini, air laut di Pantai Lalassa sedang bening, sebening kaca, yang membuat pemandangan jadi lebih indah.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Setiap akhir pekan, semakin banyak wisatawan yang datang ke sini. Ada yang asyik berenang di pinggir pantai, duduk-duduk santai di tepi pantai sambil minum kelapa muda, ada juga yang sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati segarnya udara.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Salah satunya adalah Iwan (29) yang datang ke sana bersama tiga temannya, Sabtu, 12 Agustus 2023 lalu. Kompak berbaju kaos putih, Iwan dan teman-temannya asyik duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih dan tampak tenang.

Pria asal Tangerang Selatan itu mengaku sudah bosan dengan wisata yang ada di dalam kota Tangerang Selatan plus kualitas udara saat ini sedang buruk, sehingga mencoba melakukan variasi dengan berwisata alam. Iwan pun bercerita bahwa rencana ke Tanjung Lesung sudah ada dari awal 2023, tapi baru terealisasi di bulan Agustus ini.

"Sebelumnya jalan-jalan di sekitar Tangerang dan Jakarta. Jadi, ingin coba (liburan) wisata alam. Ya udah, kami (putuskan) trip ke sini," kata pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Menurutnya, ia disambut angin sepoi dan banyak pemandangan memesona di pantai itu. Air laut yang biru, pasir yang putih dan deretan pepohonan hijau yang tumbuh rimbun di sekitar pantai.

Untuk menikmati suasana Pantai Lalassa, Iwan memilih duduk santai di pinggir pantai sambil minum es kelapa muda. Kegiatan itu merupakan momen priceless bagi Iwan, karena ia bisa merasakan langsung kelembutan pasir Pantai Lalassa, melihat birunya air laut dan sejuknya angin sepoi-sepoi. 

Pantai Lalassa, Tanjung Lesung, Banten.

Photo :
  • Instagram @tanjunglesungid

"Lihat pemandangan pantai dengan air laut dan langit yang biru itu luar biasa. Enak banget," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Tanjung Lesung menjadi destinasi yang sempurna untuk healing atau wisata keluarga. Dengan keindahan alam pantai dan pemandangan sekitar yang hijau plus dekat dari Jakarta, tempat ini bisa menjadi obat pelepas penat dari rutinitas.

"Di Pantai Lalassa ini, enaknya lagi, banyak aktivitas asyik yang bisa dilakukan bareng teman-teman, seperti banana boat, donut boat atau snorkeling. Kami sendiri mencoba main banana boat dan seru," ungkapnya.

Ia pun puas pergi healing ke Tanjung Lesung, terutama di Pantai Lalassa. Baginya, liburan di Pantai Tanjung Lesung cukup bisa menghibur tanpa harus pergi ke pantai di Bali, Raja Ampat maupun di luar negeri. Di mana mereka bisa menempuhnya hanya dengan waktu sekitar tiga jam dari Tangerang.

"Enggak susah planning ke Tanjung Lesung, termasuk akomodasi. Untuk penginapan kami di Tanjung Lesung, kami pesan lewat aplikasi penginapan hotel,” ujar Iwan.

Terpisah, Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Utama Tanjung Lesung, menambahkan, air laut yang jernih dan udara yang segar di Pantai Lalassa memang jadi daya tarik para wisatawan datang. Apalagi udara di daerah Jabodetabek sedang buruk karena polusi.

Pantai Lalassa, Tanjung Lesung, Banten.

Photo :
  • Instagram @tanjunglesungid

Sehingga, staycation, short escape maupun healing ke Tanjung Lesung bisa menjadi solusi untuk masyarakat, terutama yang tinggal Jabodetabek, untuk mendapatkan udara segar.

Rute ke Tanjung Lesung

Untuk pergi ke Tanjung Lesung, Kamu bisa mencapainya dengan dua cara, yaitu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari bandara. Wisatawan bisa naik bus Damri trayek Soekarno Hatta-Tanjung Lesung dengan jadwal pemberangkatan pertama pukul 10.00 WIB. Damri menyediakan mobil Elf Damri yang akan beroperasi setiap hari.

"Jadi, pertama-tama, naik kereta dari BNI City ke Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian dari bandara naik Damri tujuan Tanjung Lesung. Cuma Rp55.000 ribu langsung sampai di depan lobi hotel,” kata Poernomo dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Jika memakai kendaraan pribadi dari Jakarta, patokan rutenya adalah masuk ke Tol Jakarta Merak. Setelah itu, ambil Tol Serang Timur, kemudian keluar di Exit KM 71. Setelah itu, lanjut melintasi jalan Serang dan Pandeglang hingga sampai ke Pantai Tanjung Lesung.

Pantai Lalassa, Tanjung Lesung, Banten.

Photo :
  • Instagram @tanjunglesungid

Namun, sebaiknya pilihlah rute sesuai dengan daerah tempat Kamu tinggal dan gunakan aplikasi penunjuk arah demi memudahkan perjalanan sampai ke tujuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya