Sempat Berpredikat Pantai Terkotor, TNI Ubah Pantai di Sukabumi Ini jadi Kinclong dan Bersih

Pantai Talanca di Simpenan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA/ Aditya Rohman

Jakarta – TNI berhasil membuat Pantai Talanca yang dulunya dikenal sebagai pantai terkotor keempat di Indonesia, kini menjadi pantai yang sangat bersih. Pantai itu kini terlihat kinclong.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Komando Distrik Militer (Kodim) 0622 Kabupaten Sukabumi mengubah Pantai Talanca dan Cibutun yang berada di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang sempat mendapatkan predikat pantai terkotor keempat di Indonesia, saat ini kondisinya sudah kinclong atau bersih.

"Saat ini dua pantai tersebut bisa kembali dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan karena sudah terbebas dari tumpukan sampah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Dandim 0622/Kab Sukabumi Letkol (Inf) Anjar Ari Wibowo di Pantai Talanca, Selasa, dikutip dari Antara.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut Anjar, kegigihan pihaknya yang didukung oleh ribuan masyarakat dari berbagai elemen dan Pemkab Sukabumi serta Pemprov Jabar, Pantai Talanca dan Pantai Cibutun kondisinya sudah berbeda 180 derajat.

Terlihat beberapa wisatawan dan masyarakat beraktivitas di Pantai Talanca dan Cibutun. Kepedulian Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi karena pihaknya memiliki harapan besar kawasan pantai ini kembali menjadi lokasi wisata dan dapat menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Target pihaknya pun tercapai di mana pada Maret 2024 ini dua pantai yang berada di Kecamatan Simpenan ini sudah kembali beroperasi untuk wisata dan ternyata animo warga untuk datang cukup tinggi.

"Kami tidak hanya sebatas membersihkan sampah, tetapi TNI AD pun mengaspal akses jalan menuju Pantai Talanca agar bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat khususnya wisatawan," tambahnya.

Anjar mengatakan pihaknya melaksanakan kegiatan pembersihan pantai sesuai ini sesuai dengan komitmen yakni memerangi sampah dan sejalan dengan program Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bahwa TNI AD bersatu dengan alam melalui menjaga kebersihan lingkungan.

Ia optimistis Pantai Talanca dan Cibutun menjadi destinasi wisata tujuan wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara, dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang maka ekonomi masyarakat sekitar ikut terdongkrak, namun yang harus diingat adalah tetap menjaga kebersihan pantai. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya