7 Negara yang Tidak Memiliki Angkatan Militer Sama Sekali, Tetap Bisa Jaga Kedaulatan

Kepulauan Cayman
Sumber :
  • Salvatore Freni Jr/wikimedia

Jakarta – Tak disangka, ada beberapa negara yang tidak memiliki angkatan militer sama sekali, terlebih untuk menjaga kedaulatan negara tersebut. Negara-negara tersebut tidak memiliki angkatan militer karena sejumlah alasan, salah satunya bergantung dengan negara lain. 

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

Ada pula negara yang tidak memiliki angkatan militer, tapi hanya bersifat sementara saja atau tidak tetap. Nah, buat kamu yang penasaran berikut ulasan mengenai negara yang tidak memiliki angkatan militer untuk menjaga kedaulatan negara. 

1. Kepulauan Cayman

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Kepulauan Cayman

Photo :
  • Salvatore Freni Jr/wikimedia

Kepulauan Cayman yang termasuk ke dalam British Overseas Territories alias wilayah yang berseberangan dengan Laut Britania jadi mereka berada di dalam yurisdiksi Inggris. Di sana, hanya dikenal dengan kepolisian Kepulauan Cayman saja, tidak ada personel militer yang tersedia. 

Istri Tak Percaya Brigadir Ridhal Ali Tewas Bunuh Diri: Janggal Sekali, Sangat Tidak Mungkin

2. Aruba

Aruba

Photo :
  • worldatlas.com

Aruba adalah sebuah negara yang berada di Karibia dan sudah menjadi negara semi-otonom di bawah Belanda. Sehingga, Belanda adalah negara yang memiliki tanggung jawab dalam memberikan pertahanan terhadap pulau yang dihuni oleh sebanyak 116.000 orang. 

Wilayah Kosta Rika

Photo :
  • villamanzu

Sejak tahun 1949, Kosta Rika belum memiliki pasukan militer maupun tentara tetap, meski polisi sudah ada di sana dan dipekerjakan sebagai tentara tetap. Namun, pada tahun 1983 mereka sudah menyatakan netral secara permanen dan tidak memiliki angkatan bersenjata. 

4. Kepulauan Cook

Duta Besar RI Fientje Maritje Suebu (kanan) menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Wakil Ratu untuk Kepulauan Cook Sir Tom Masters (kiri), Rabu 11 Mei 2022.

Photo :
  • ANTARA/HO-KBRI Wellington

Kepulauan Cook adalah negara berpemerintahan sendiri yang hanya dihuni oleh sekitar 9.038 orang saja per Juli 2018. Di sisi lain, sebetulnya mereka memiliki kedekatan dengan Selandia Baru dan bisa saja meminta perlindungan dari negara tersebut karena berasosiasi bebas dengan Selandia Baru. 

Kolam renang di bandara internasional Punta Cana di Republik Dominika

Photo :

Masih berada di sekitar Karibia, ada Dominika yang menjadi pula terakhir yang didiami oleh para penjajah dari Eropa. Selain itu, mereka juga termasuk ke dalam bagian persemakmuran Britania Raya dan hanya memiliki aparat kepolisian saja. 

6. Curacao

Sejumlah wisatawan asing duduk di salah satu restoran di Pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Tanjung, Lombok Utara, NTB. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Berikutnya adalah Curacao, negara ini masuk ke dalam bagian dari empat negara yang termasuk ke Kerajaan Belanda. Mereka tidak memiliki angkatan bersenjata, tapi Belanda memberikan penawaran atas keamanan maritim negara tersebut. 

7. Polinesia Prancis

Bora Bora di Polinesia Prancis

Photo :
  • Istimewa

Kemudian Polinesia Prancis yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Prancis soal perlindungan dan keamanan. Populasi Polinesia Prancis ini hanya mencapai 290 ribu jiwa dengan salah satu wilayah yang cukup terkenal adalah Tahiti. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya