Rayakan HUT RI Ke-78, Ada Kirab Hingga di Monas Hingga Konser Gratis

(Foto Ilustrasi) Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

JAKARTA – Pada 17 Agustus 2023, Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-78 tahun. Di momen perayaan HUT RI tahun ini pemerintah telah menggelar berbagai rangkaian acara. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Istana Negara mengundang masyarakat untuk dapat hadir mengikuti perayaan upacara HUT RI.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-78 tahun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mempersiapkan acara spesial. PLT Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, acara dimulai dengan Upacara Bendera HUT RI ke-78 di Monas Jakarta Pusat pada pukul 06.30 WIB yang diikuti oleh ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi kirab untuk mengarak teks proklamasi asli dan bendera pusaka merah putih dari cawan Monas menuju Istana Merdeka. Prosesi kirab ini akan diikuti peserta dari berbagai elemen masyarakat dari pelajar hingga ibu-ibu berkebaya. Nantinya kirab juga akan dimeriahkan dengan kereta kuda kencana. Untuk rute kirab bendera dimulai dari Kawasan Monas menuju Istana Negara.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Selain itu, pada Kamis sore 17 Agustus akan ada acara Gemilang Silang Monas. Gemilang Silang Monas adalah pertunjukkan video mapping yang dimulai pukul 15.30 WIB hingga 22.00 WIB. Selain video mapping, acara ini juga menampilkan berbagai tarian, persembahan musik, bazzar, dan pertunjukan kembang api.

Sidang Putusan Sengketa Pilprres di MK, Pedagang Tikar hingga Topi Rimba Raup Cuan

Selain dari pihak pemerintah daerah DKI Jakarta, beberapa pihak swasta juga menggelar acara gratis menarik lainnya dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78. Misalnya saja, adanya Independence Day Live yang digelar di Plaza Senayan Jakarta Pusat pada 17 Agustus 2023.  Pada 17 Agustus mulai pukul 14.45 di main atrium akan ada penampilan dari HIVI!, Nonaria, Intan Soekotjo, One Art Production.

Selain itu pada 19 Agustus 2023 mendatang ada juga konser gratis untuk masyarakat di Jakarta Internasional Veledrom, Jakarta. Bertajuk Freedom Fest acara ini bersifat gratis tanpa tiket dan tanpa registrasi.

Namun pihak penyelenggara mengungkap telah memiliki kebijakan akan membatasi pengunjung yang masuk ke dalam area velodrom jika dianggap sudah cukup ramai. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban event. Untuk acara ini sendiri akan menampilkan Maliq & D'Essentials, Fabio Asher, Sore, dan Diskopantera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya