Kenaikan Anggaran DPR ke Luar Negeri Dinilai Pemborosan

Kompleks Gedung MPR/DPR.
Sumber :

VIVA.co.id – Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional, Yandri Susanto, mempertanyakan adanya kenaikan anggaran kunjungan kerja (kunker) luar negeri DPR. Hal itu dinilai menghamburkan uang negara dan pemborosan.

Formappi Khawatir DPR Era Puan Maharani Cuma Jadi Stempel Jokowi

"Subtansinya apa sih kunjungan ke luar negeri? Itu kan apa memang ada korelasinya dengan tugas-tugas dewan?" kata Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.

Ia mempertanyakan, misalnya korelasi antara kunjungan kerja terhadap kinerja legislasi atau pengawasan. Kalau pun ada korelasinya, maka memang bisa dipertanggungjawabkan. Meski demikian ia juga mempertanyakan urgensinya.

10 Hari Usai Dilantik, Anggota DPR Masih Kongko-kongko Tunggu Gaji

"Tapi kalau misalkan cenderung menghambur-hamburkan uang negara, sekali lagi itu melukai rasa keadilan masyarakat, sebaiknya disoroti kembali," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, ada kenaikan anggaran kunjungan kerja luar negeri DPR. Meski demikian ia tak menyebut secara detail angkanya. "Dulu kan sempat moraturium ke luar negeri," kata Anton di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.

Lagi, Anggota Dewan Banyak yang Bolos di Paripurna DPR

Ia menjelaskan, alasan dinaikkannya anggaran kunjungan kerja karena ada perubahan kurs dan naiknya harga tiket. Meski begitu ia memastikan kenaikan anggaran ini bersifat transparan. (mus)

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsudin

Jadi Pimpinan DPR, Begini Ribetnya Kesibukan Azis Syamsudin

Aziz menjadi Wakil Ketua DPR bidang polhukam.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2020