DPR Seleksi 14 Calon Komisioner Komnas HAM

Jumpa pers Komnas HAM. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id – Komisi III DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Komnas HAM Persilahkan Bintang Emon Melapor

Anggota Komisi III DPR, Adies Kadir mengatakan, sebanyak 14 calon komisioner ini akan diseleksi menjadi hanya lima sampai tujuh orang.

"Kami tidak ingin terpatok itu jumlahnya 14. Kalau memang yang bagus tujuh, kami pilih tujuh. Kalau yang bagus lima, ya kami pilih lima," kata Adies di gedung DPR, Jakarta, Kamis 28 September 2017.

Komnas HAM Sayangkan Ulah Buzzer Membullying Bintang Emon

Ia menambahkan, tiap calon komisioner diberi waktu sebanyak 1,5 jam untuk didalami anggota DPR dalam uji kelayakan. Seleksi ini telah berlangsung sejak kemarin hingga besok.

"Dari kemarin sampai saat ini cukup memuaskan jawaban-jawabannya. Tapi, banyak juga yang jawabannya belum memuaskan kawan-kawan, mengingat waktunya yang juga sangat pendek,” tuturnya.

Komnas HAM: Darurat Sipil Keliru, RI Darurat Pelayanan Kesehatan

Adapun kriteria dalam seleksi ini, ia menjelaskan di antaranya soal wawasan mengenai Komnas HAM dan HAM. Lalu soal jiwa kenegarawan dan rasa cinta Tanah Air.

Tak hanya soal calon komisioner, ia juga mengatakan bahwa persoalan pelanggaran HAM berat selalu menjadi kendala sampai saat ini. Sebagian besar masyarakat menyatakan Komnas HAM belum berhasil menyelesaikannya.

"Contoh simpel saja, kasus Semanggi sampai saat ini belum, dan banyak lagi kasus yang lainnya," kata Adies.

Ia berharap, komisioner Komnas HAM nantinya bisa serius menyelesaikan kasus-kasus yang belum selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya