ILC tvOne Malam Ini: Benarkah Tak Ada Pelanggaran HAM di Era Jokowi?

Poster forum diskusi Indonesia Lawyers Club di tvOne
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Penyataaan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD bahwa tak ada pelanggaran hak asasi manusia di era pemerintahan Joko Widodo menuai kontroversi. 

Mahfud Bantah Nama Soeharto Dihilangkan dari Sejarah

Sedikitnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusi (Komnas HAM) dan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) memprotes pernyataan Mahfud. Kontras bahkan menyebut ujaran Mahfud itu menyesatkan, sementara Komnas HAM mengingatkan sang menteri bahwa sesungguhnya banyak kejadian pelanggaran HAM selama pemerintahan Jokowi, meski tak terkategori pelanggaran HAM berat.

Mahfud berdalih, pelanggaran HAM menurut definisi hukum adalah pelanggaran yang dilakukan aparat pemerintah dengan terencana dan tujuan tertentu. Artinya, menurut Mahfud, tidak semua orang melanggar HAM dapat serta-merta disebut pelanggaran HAM.

Cabut Status Tersangka Nurhayati, Mahfud: Biar Orang Berani Melapor

Forum diskusi Indonesia Lawyers Club tvOne akan membahas polemik pernyataan sang Menteri dengan tajuk "Benarkah Tak Ada Pelanggaran HAM di Era Jokowi?" Simak pendapat dan perdebatan para ahli atau narasumber yang dihadirkan dalam forum itu pada 20.00 WIB, Selasa, 17 Desember 2019.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud: Sikap Presiden Jelas soal Pemilu 2024, Jangan Didesak Lagi

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan pemerintah tidak pernah ada pembahasan soal penundaan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022