JK: Indonesia Berdiri di Belakang Palestina

Perjuangan Pemuda Palestina untuk Solat Jumat di Al Aqsa
Sumber :
  • REUTERS/Mohamad Torokman

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan bahwa Indonesia berada di belakang Palestina terkait keputusan Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

"Kita Indonesia berdiri di belakang Palestina, kita tidak setuju keputusan Amerika," kata JK di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut JK, apa yang dilakukan Presiden AS Donald Trump soal Yerusalem telah melanggar keputusan Perserikatan Bangsa Bangsa. "Masalah Yerusalem, harus di selesaikan dengan Palestina. Amerika harus paham itu,"ujarnya

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengecam pernyataan Trump soal Yerusalem. Ia menilai apa yang dilakukan Trump telah membahayakan peluang perdamaian antara Palestina dan Israel.

"Sejak hari pertama, saya terus menerus menetang setiap tindakan sepihak yang membahayakan perdamaian Palestina dan Israel," ujarnya.

PM Israel Benjamin Netanyahu Kembali Tolak Permintaan Genjatan Senjata

Trump resmi mengumumkan pengakuan negeri adi daya itu terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Palestina, Rabu  Desember 2017. Pengakuan itu dilakukan dengan menandatangani Weiver Authority yang dilakukan setiap enam bulan sekali. Pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel ini merupakan salah satu dari janji kampanye Trump dalam Pilpres Amerika beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid alias HNW saat aksi doa untuk Gaza Palestina.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Menurut Hidayat Nur Wahid dan HNW, Israel pernah dengan mudah mengalahkan tiga negara dalam waktu 6 hari. Tiga negara yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024