JK Ingin Kampus Asing Dibuka di Indonesia

Ilustrasi-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menginginkan supaya perguruan tinggi asing diberi izin untuk membuka cabang kampus mereka di Indonesia.

MK Puji Gugatan Dosen PTS Perjuangkan Gaji Setara dengan PTN

Menurut JK, upaya itu bisa dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia daripada terus-menerus mengirim pelajar Indonesia untuk belajar di luar negeri.

"Kita sekarang merencanakan untuk membuka kesempatan, membuka universitas asing di Indonesia," ujar JK dalam pembukaan Simposium Cendekia Kelas Dunia di The Sultan Hotel, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2017.

Kemendikbudristek Cabut Izin Operasional 17 Perguruan Tinggi, 19 Sedang Diperiksa

JK menyampaikan, upaya itu sekaligus membuat diseminasi ilmu pengetahuan dalam taraf yang lebih tinggi terjadi di Indonesia. JK hanya meminta masyarakat untuk tidak menaruh kekhawatiran akan berkembangnya paham-paham asing yang dinilai bisa merusak tatanan budaya atau kehidupan lokal.

Sebab, menurut JK, dalam era globalisasi, dibutuhkan sifat keterbukaan dari setiap masyarakat supaya bisa saling berkembang dan bersaing dengan negara lain.

UNM Raih Penghargaan Sebagai PTS yang Memiliki Tracer Study

"Kita segera membuat kesempatan itu dan mempelajarinya selama kerja sama membuat kita mendapat standar-standar (ilmu) baru," ujar JK.

Capres Anies Baswedan saat menghadiri Dialog Terbuka Muhammadiyah di UMS

Anies Bakal Bebaskan PBB untuk Kampus-Sekolah Swasta, Warga Muhammadiyah Tepuk Tangan

Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan mendapat tepuk tangan riuh saat menghadiri 'Dialog Terbuka Muhammadiyah' di kampus UMS

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023