Hati-hati, Miras Campur Obat Nyamuk Marak di Yogya

Ilustrasi-Minuman keras
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Dua orang warga Kota Yogyakarta meninggal dunia usai menenggak minuman keras oplosan. Pemeriksaan polisi, miras itu bercampur obat oles antinyamuk.

Pesta Miras Oplosan Etanol Renggut Nyawa 4 Orang, Pengoplos Uji Rasa Buat Usaha Miras

Kapoltabes Kota Yogyakarta Kombes Pol Tommy Wibisono menyebutkan, minuman mengandung alkohol 70 persen yang bercampur obat nyamuk itu banyak beredar di Yogyakarta.

"Dijual bebas," ujarnya, Rabu, 27 Desember 2017.

3 Mahasiswa Narotama Surabaya Tewas Diduga usai Pesta Miras

Sejauh ini, Tommy mengaku telah melakukan penyitaan di sejumlah tempat. Ia juga berharap agar warga menghindari menggunakan miras untuk merayakan pergantian tahun baru 2018.

Sementara itu, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Bawono X mengaku tak bisa berbuat banyak untuk menekan pengguna miras di Yogyakarta.

9 Orang di Subang Tewas Usai Pesta Miras Oplosan

"Kami tidak bisa melakukan kontrol dari rumah-rumah. Jika masyarakat maunya ingin terus mengkonsumsi miras, kami tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Sultan.

Sebelumnya, pada Minggu, 24 Desember 2017, dua warga bernama Didik Nurcahyadi (39) dan Kun Hartono (37) tewas di RS Panti Rapih usai meminum miras oplosan. Nyawa keduanya tak tertolong akibat pengaruh minuman yang dikonsumsinya.

Miras oplosan. (Foto ilustrasi)

3 Warga Tasikmalaya Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan

Sebanyak tiga warga asal Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat meninggal dunia di Rumah sakit SMC Kabupaten Tasikmalaya usai diduga tenggak miras oplosan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024