Parpol Beda Ideologi Gabung, JK Anggap Tahun Politik Aman

Ilustrasi bendera partai-partai politik beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku optimistis, pemilihan kepala daerah pada tahun 2018 akan berjalan aman dan kondusif.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Sikap itu didasari pengamatan JK pada Pilkada serentak 2017 yang berlangsung aman dan tertib. Indikasinya, lanjut JK, pada tahun 2017 terjadi banyak partai politik yang berbeda ideologi bergabung dalam satu tujuan.

Dengan itu, pertentangan ideologi yang biasanya menjadi pemicu konflik, tidak terjadi sekali pun di 2017.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Sebenarnya antarpartai tidak jelas lagi dia punya paham, ideologinya, apakah dia partai agama, partai nasional, hampir semua sama," ujar JK di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu, 27 Desember 2017.

"Tidak lagi ada perbedaan, katakanlah antara PAN, PPP, dengan Golkar atau Gerindra. Tidak ada lagi yang mempertentangkan ideologi," ujarnya menambahkan.

Pandemi COVID-19 di Indonesia Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Prokes

Karena itu, JK berharap kondisi serupa bisa berulang pada Pilkada serentak 2018 yang akan melibatkan 171 daerah di Indonesia.

"Kita harapkan (Pilkada serentak 2018) aman-aman saja, di mana situasi politik mendukung pertumbuhan ekonomi kita, mendukung keamanan." (mus)

Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022