Kalla dan Boediono Jadi Saksi Nikah Putri Menteri Pratikno

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden kesebelas Boediono menjadi saksi akad nikah putri Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Yogyakarta pada Jumat 29 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden kesebelas Boediono menjadi saksi akad nikah putri Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Yogyakarta, Jumat, 29 Desember 2017.
 
Akad nikah dan resepsi Anisa Firdia Hanum dan Rino Febrian digelar di Jogja Expo Center selama dua hari, Jumat-Sabtu, 29-30 Desember 2017.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

Kalla didampingi istrinya Mufidah datang ke tempat acara setelah Boediono dan sang istri Herawati. Di belakang Kalla, Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Gubernur Paku Alam X turut memasuki ruangan akad nikah.

Ijab kabul dimulai pukul 08.30 WIB dengan mas kawin seperangkat alat salat dan uang sebesar Rp291.217.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan khotbah nikah sebelum ijab kabul dimulai. Pernikahan, katanya, merupakan ikatan yang kokoh dan Allah memberi kehormatan yang tinggi terhadap lembaga pernikahan.

Dia menjelaskan sejumlah prinsip dalam membangun rumah tangga. Pertama, pondasi pernikahan harus punya nilai-nilai ilahi sehingga hidup selalu bergantung kepada Allah. Selain kebahagiaan, suami-istri juga akan menghadapi banyak rintangan tetapi jika tetap bergantung pada Allah, keluarga tetap sakinah. 

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

Kedua, prinsip takwa menjalankan perintah menjauhi larangan Allah. Orang yang bertakwa tidak akan menyeleweng dan berbuat yang menyimpang.

Ketiga, membangun keluarga sakinah harus ada doa. 

Keempat, membangun keluarga dengan amal saleh. Soalnya, tidak cukup membangun rumah tangga dan keluarga, karena pasangan adalah bagian dari masyarakat. 

Dalam akad nikah juga tampak sejumlah menteri, seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

Ninis dan Rino bertemu di UGM saat kuliah S1. Nina lulusan S1 jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan sedang studi double degree di Prancis (ESCEM Poitiers); sedangkan Rino adalah lulusan S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM.

Mereka sedang menjalani kuliah S2 di Perth namun berbeda kampus. Ninis pada jurusan Master of Commerce di University of Western Australia dan Rino jurusan Master of Media Practice di Curtin University. Mereka telah menyelesaikan semester pertama dan sekarang sedang summer break selama tiga bulan, terhitung sejak awal Desember 2017.

Keduanya pertama kali bertemu dalam kepanitiaan sebuah konferensi di UGM (International Indonesia Forum) pada 2012. Mereka kembali bertemu pada awal 2016.

Usai menjadi saksi akad pernikahan, Jusuf Kalla dan istri direncanakan langsung melanjutkan penerbangan ke Bali dari Bandara Adisutjipto pukul 10.00 WIB.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo sesuai informasi yang diterima awak media akan mendatangi tempat resepsi pada Sabtu siang, 30 Desember 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya