Ryamizard: Jangan Bicara Persatuan kalau Tidak Loyal

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVA – Menteri Pertahanan Ryzamizard Ryacudu menyatakan, bahwa organisasi TNI punya peran penting untuk mempersatukan masyarakat. 

Sambangi Arab Saudi, Menhan Prabowo Disambut Putra Raja Salman

Oleh karena itu, ia menyampaikan soliditas organisasi perlu dijaga dengan berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. 

"Prajurit TNI dari ujung ke ujung, di mana-mana ada. Artinya, sebelum kita mengajak bangsa ini bersatu. Kita ini bersatu dulu. Bagaimana kita mengajak rakyatnya bersatu, kita tidak bersatu." kata Ryamizard di Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Prabowo Sebut Belum Tentu Maju Pilpres, Begini Kalimatnya

Ryamizard menyatakan, satu hal yang penting agar soliditas insitusi militer tetap baik ialah loyalitas yang harus tegak lurus mulai dari pimpinan tertinggi yakni presiden sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata hingga prajurit di paling bawah.

Jika hal itu dilakukan, ia yakin segala tugas yang diemban TNI sesuai rencana dari target yang diinginkan. "Kunci tugas itu berjalan (baik) adalah loyalitas," ujarnya.

Jawaban Jampidsus Ditanya Kapan Periksa Ryamizard Ryacudu

Ia juga menyampaikan, TNI dalam tugasnya juga berperan menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. 

Mantan Kepala Staf TNI Angkata Darat ini mengingatkan, agar Pancasila yang menjadi ideologi bangsa bukan sekadar ucapan atau jargon belaka.

"Saya menekankan ke sana agar Pancasila ini dijelaskan ke semua prajurit. Jangan sampai hapal tidak mengerti artinya." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya