Gus Ipul Cuti, Puti Guntur Mundur

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, memastikan menaati semua aturan. Gus Ipul akan mengajukan cuti sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur dan dan Puti mundur dari anggota DPR.

Golkar Resmi Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Gus Ipul mengaku sudah mengajukan proses cuti dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Pengajuan cuti tinggal menunggu jawaban Menteri Dalam Negeri.

"Ini sedang proses, sudah saya tanda tangani pengajuan cuti. Tinggal menunggu jawaban dari Mendagri," kata Gus Ipul sesaat sebelum menjalani tes kesehatan di Graha Amerta Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya pada Jumat, 12 Januari 2018.

Demokrat Kembali Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Menurut Sekretaris Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti, Sri Untari, Puti juga akan mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI. Cucu Proklamator sekaligus Presiden pertama RI, Sukarno, itu masih aktif sebagai anggota DPR RI di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, dan perpustakaan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota, bagi anggota DPR, DPD dan DPRD yang maju dalam pemilihan kepala daerah, wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon.

Terungkap Alasan Khofifah Tolak Posisi Cawapres, Mantap Maju Lagi jadi Cagub Jatim 2024

Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan calon pada 12 Februari 2018.  “Sesuai aturan KPU, setelah ditetapkan sebagai kandidat, Mbak Puti akan mundur sebagai anggota DPR. Saat ini sedang diurus berkas-berkasnya," kata Untari. (mus)

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wagub Jatim Emil Dardak.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Partai Gerindra kemungkinan mengusung kadernya untuk jadi tandem Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024