Demokrat Kembali Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Ketua Umum Demokrat AHY bersama Khofifah dan Emil Dardak
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya - Partai Demokrat kembali merekomendasi duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) untuk maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Dua partai sebelumnya juga sudah resmi merekomendasi Khofifah, yakni PAN dan Gerindra.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Rekomendasi dari Demokrat diserahkan langsung oleh sang ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam acara konsolidasi Demokrat se Jatim di Surabaya, Selasa, 12 Desember 2023. AHY mengatakan, rekomendasi itu dikeluarkan berdasarkan hasil rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Saya sebagai Wakil MTP beserta segenap anggota majelis telah memutuskan bahwa untuk pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2024-2029, Partai Demokrat merekomendasikan Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur dan Mas Emil Elestianto Dardak sebagai Calon Wakil Gubernur," kata AHY.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Partai Demokrat kembali merekomendasi duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sebelum rekomendasi diserahkan, video dengan durasi tiga menit yang menggambarkan Khofifah dan Demokrat diputar. "video itu juga untuk mengingatkan bahwa kita bukan baru mengenal Ibu Khofifah. Kita sudah lama saling mengenal, Partai Demokrat dan Ibu Khofifah," ujar AHY.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

AHY mengungkapkan, Jatim memiliki potensi besar. Karena itu Demokrat bersyukur selama lima tahun Jawa Timur dipimpin oleh dua orang yang hebat, yaitu Khofifah dan Emil Dardak. Sebab itu, AHY menyebut keputusan Demokrat mengusung Khofifah-Emil kembali adalah pilihan rasional.

Menurut AHY, Jatim adalah penentu kemenangan pada Pemilu 2024. Itu sebabnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sampai turun gunung di ujung Pulau Jawa itu. "Menang di Jawa, maka menang di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih atas rekomendasi dari Demokrat itu. "Saya berterima kasih, saya dan Mas Emil kembali mendapatkan rekomendasi ini lagi untuk Pemilu 2024," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra sudah memberikan rekomendasi ke Khofifah untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Cuma, beda dengan Demokrat, PAN dan Gerindra tak mengeluarkan rekomendasi paket lengkap. Tanpa calon wakil gubernur.

Selain tiga partai itu, Golkar juga dikabarkan akan merekomendasi Khofifah maju di Pilgub Jatim mendatang. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Khofifah beberapa waktu lalu. Semua partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju pengusung capres-cawapres Prabowo-Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya