Terungkap Alasan Khofifah Tolak Posisi Cawapres, Mantap Maju Lagi jadi Cagub Jatim 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Surabaya - Khofifah Indar Parawansa sudah menyatakan siap maju lagi menjadi calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Pernyataan Khofifah itu menjawab teka-teki alasan Khofifah yang ogah maju di Pilpres 2024.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Nama Khofifah sempat sempat mencuat digadang-gadang bakal mendampingi Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Omongan Khofifah yang memastikan maju di Pilkada Jatim 2024 disampaikan usai menerima rekomendasi dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN), Senin, 4 Desember 2023. Rekomendasi dukungan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

"Insya Allah saya maju kembali pada Pilgub [Jatim] 2024," kata Khofifah kepada wartawan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Khofifah mengaku kaget tak menyangka bakal menerima surat rekomendasi dukungan dari PAN. Sebab, menurutnya proses pilkada belum dimulai sama sekali.

Dia menuturkan proses rangkaian Pemilu 2024 masih fokus pada pemilu presiden (pilpres) dan pemilu legislatif (pileg).

Maka itu, menurutnya rekomendasi dari PAN sebagai suatu kejutan. "Tidak ada informasi sebelumnya [dari PAN akan menyerahkan rekomendasi] bahwa hari ini akan diserahkan rekomendasi untuk pilgub yang akan datang," ujarnya.

Selain Khofifah dan Zulkifli Hasan, hadir di acara itu, di antaranya, Ketua DPD Demokrat Jatim yang juga Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Menanggapi rekomendasi PAN untuk Khofifah, Emil mengaku ikut senang.

"Tinggal Demokrat nyusul [mengeluarkan rekomendasi bakal calon gubernur untuk Pilgub Jatim]," kata Emil.

Namun, ia tak menjelaskan rinci apakah rekomendasi yang akan dikeluarkan Demokrat pada Pilgub Jatim 2024 juga untuk Khofifah atau bukan. Emil juga enggan menjawab ketika ditanya apakah dirinya bakal kembali maju sebagai bacawagub mendampingi Khofifah.

"Mohon doanya," kata Emil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya