Jika Jadi Presiden, Anies Ingin Bentuk Tim Anti Bully untuk Cegah Perundungan di Sekolah

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Karawang – Capres nomor urut satu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya akan membentuk sebuah tim untuk mengatasi dan mencegah adanya perundungan di sekolah atau pondok pesantren. Menurutnya, hal itulah yang dibutuhkan oleh sebuah sekolah.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

"Ponpes kan sekolah juga, sekolah sering ada kejadian. Apa yang dibutuhkan? Yang dibutuhkan dibentuk tim pencegahan kekerasan, dengan jelas siapa penanggung jawabnya, siapa anggotanya," ujar Anies kepada  wartawan di Karawang, Senin, 4 Desember 2023.

Anies menjelaskan bahwa jika tim tersebut sudah dibentuk, maka sosok anggotanya nanti yakni guru, orang tua hingga warga sekitar lokasi sekolah. Hal itu bertujuan agar murid yang menjadi korban tahu akan melaporkan ke mana sebelum berujung di kepolisian.

Anies-Muhaimin Hanya Dapat 5 Suara di Vatikan Berdasar Real Count KPU 100 Persen

Pasangan capres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Dok. PKS

"Lalu tim ini mengumumkan namanya, nomor teleponnya, di sebuah papan yang harus dipasang di semua institusi pendidikan seperti semua sekolah, semua madrasah itu harus ada papannya," kata Anies.

Survei LSI: Banyak Masyarakat Pilih Prabowo-Gibran karena Komitmen Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

"Kedua untuk penanggung jawab penanggulangannya siapa? Kekerasan di sekolah itu cara selesaikannya ekstrem. Satu, diserahkan ke polisi sebagai perisitiwa kriminal, dua didamaikan lalu enggak ada solusi apa-apa," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan dalam tim itu nantinya akan melakukan proses rehabilitasi terkait kasus perundungan siswa. Hal itu juga mencegah diberhentikan siswa dari sekolahnya.

"Jangan men-DO anak karena dia lakukan pelanggaran, itu anak yang lakukan pelanggaran butuh pendidikan bukan dihentikan pendidikannya," ujarnya.

Diketahui, Anies Baswedan maju di Pilpres dengan didampingi oleh Muhaimin Iskandar alias  Cak Imin. Pasangan yang akrab disingkat Amin itu menyandang nomor urut satu di Pilpres 2024.

Pasangan Anies--Cak Imin maju di Pilpres 2024 diusung oleh Koalisi Perubahan yakni partai Nasdem, PKB dan PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya